USAHA PREVENTIF UNTUK MENEKAN JUMLAH ANAK CACAT

Mardiati Busono,

Abstract


Pada tahun 1981-1982 di Amerika terdapat 8,26070 anak cacat yang berumur antara 5- 17 tahun. Andaikata diseluruh Indonesia jumlah penyandang cacat 1070 dari jumlah penduduk maka diperkirakan 1,65% juta penduduk menderita cacat. Jumlah yang sedemikian besar akan memerlukan dana yang besar pula untuk penanganan dan pendidikannya.

Tujuan penulisan yang akan penulis paparkan ialah pemecahan masalah pengurangan jumlah anak cacat. Usaha pencegahan supaya jumlah anak cacat berkurang akan lebih baik daripada jika jumlah anak cacat terlanjur besar. Pencegahan terjadinya kecacatan harus ditinjau dari penyebab kecacatan, baik yang terjadi sebelum kelahiran pada waktu kelahiran, dan sesudah kelahiran, di antaranya dengan usaha preventif.

Dengan meniadakan atau minimal mengurangi penyebabnya, diharapkan jumlah anak cacat akan menurun. Penyebab yang beraneka ragam dapat dipakai untuk pedoman pemecahan masalah dalam mengurangi jumlah anak cacat, dengan upaya pemberian berbagai informasi pada masyarakat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter