MASALAH PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DAN IMPLIKASINYA DI BIDANG PENDIDIKAN

Soebijanto Wirojoedo,

Abstract


Beberapa pendapat tentang pentingnya peranan kebudayaan menyatakan bahwa pada masa yang akan datang tampaknya penampilan kebudayaan secara menyeluruh akan mewarnai pola kehidupan bangsa dalam dunia internasional.

Dunia yang terbuka dengan teknologi yang dominan serta produk kekuatan politik negara-negara adikuasa yang kompetitif terasa mempersulit posisi serta sistem pendidikan negara-negara berkembang seperti Indonesia. Dalam situasi dunia yang masih diliputi perang dan perlombaan senjata yang mutakhir, pendidikan intemasional mempunyai misi menuju perdamaian dunia. Dalam situasi yang demikian, tata nilai yang berdiri ideologi kultural yang berbentuk multidimensi dan multipolair yang semula centrifikasi nasional dapat mengembangkan diri ke regional, yang akan mampu mengatasi problem regional dan nasional di kawasan tertentu seperti Asean.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter