Stimulation of Drawing Expression to Strengthen Character Learning

Knowing Feeling Acting the Good Character Simulation Value Based Expression Drawing

Authors

Adanya gejala perilaku agThis study investigates the implementation of a Value-Based Expression Drawing Stimulation Model within the framework of Cultural Education and National Character Building (PBKB) in elementary schools. The objective is to explore how this model can enhance emotional intelligence and instill moral values in students through creative expression. To align with government policies, the study was conducted with 3rd graders at Cisarua 1, 2, and 3 Elementary Schools in Bandung Barat Regency. The study examined: (i) the school’s vision and mission supporting Cultural Education and National Character Building (PBKB); (ii) the application of character education through value-based expressive drawing to enhance emotional intelligence in elementary school; (iii) the impact of this educational approach on students' values and personalities, as reflected in their learning outcomes; and (iv) changes in attitudes, analyzed through children's drawings. The experimental methods aimed to improve lesson plans, teaching processes, instructional media, and the analysis of values in children's visual symbols. Results indicated positive changes in students’ attitudes and personality values, as evidenced by progress reports over two semesters. Various national character traits were identified in children's expressive drawings, notably through the visualization of symbols of honesty, demonstrating the effectiveness of value-based expressive drawing in character education.resif pada peserta didik SD sebagai dampak negatif dari globalisasi (2) Kecenderungan para pendidik yang mengajar secara konvensional. Mengajar hanya sebatas menuangkan ilmu (pouring) tanpa berorientasi perubahan sikap peserta didik, (3) Kebijakan Kemendiknas mengenai muatan Pendidikan Budaya dan Karakter dalam setiap mata pelajaran belum dijadikan kekuatan dalam menanamkan perubahan sikap atau karakter bangsa (4) Kreativitas inovasi model pembelajaran di kalangan guru SD masih rendah. (5) Pengembangan media pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan emosi yang berguna bagi pengembangan kepribadian masih rendah. Berdasarkan hal itu, penulis bersikap proaktif terhadap kebijakan pemerintah tersebut dengan melakukan penelitian yang berjudul: "Pendidikan Karakter Melalui Stimulasi Menggambar Ekspresi Berbasis Nilai" yang diujicobakan di kelas 3 SD Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Permasalah yang dianalisis ialah: (1) Visi dan misi apakah yang dikembangkan sekolah dalam mendukung Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. (2) Bagaimana Pendidikan Karakter melalui stimulasi menggambar ekpresi berbasis nilai dengan penguatan kecerdasan emosi diterapkan di Sekolah Dasar (3) Adakah pengaruh ekperimentasi pembelajaran stimulasi menggambar ekpresi berbasis nilai terhadap perubahan nilai dan kepribadian yang nampak dari laporan prestasi hasil belajar peserta didik (4) Adakah perubahan sikap yang terjadi, dalam ekspresi visual melalui analisis bahasa rupa gambar anak. Metode eksperimentasi yang dilakukan mencoba menyentuh aspek perbaikan: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Belajar Mengajar, media pembelajaran hingga analisis nilai dari visualisasi simbol gambar anak. Melalui stimulasi menggambar ekspresi berbasisi nilai ini, diharapkan dapat membangun kecintaan berperilaku baik (knowing, feeling,actuating the good). Hasil penelitian pengembangan model Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui stimulasi menggambar ekspresi berbasis nilai, menunjukkan adanya perubahan sikap siswa, dilihat dari analisis perubahan nilai kepribadian pada laporan hasil belajar siswa selama dua semester. Ditemukan berbagai budi pekerti atau karakter bangsa berupa visualisasi simbol kejujuran ikonik dalam gambar ekspresi anak.