PENGEMBANGAN PENGAJARAN BERBANTUKAN KOMPUTER SUATU STRATEGI UNTUK MENCAPAI TUJUAN INSTRUKTIONAL
Downloads
Komputer sebagai "Teaching Machine" merupakan aplikasi langsung dari konsep yang menyatakan bahwa alat dan materi tidak saja menjanjikan informasi, tetapi lebih dari itu harus ada hubungannya dengan perilaku peserta didik yang meliputi: jawaban, sekuensa yang terkendali, penguatan ("teleinforcement") yang segera dan sering, dan laju belajar individual sehingga "contingencies reinforcement" di dalam kegiatan belajar dapat dikelola dengan baik.
Di dalam proses belajar-mengajar inovatif direfleksikan penekanannya pada kegiatan belajar peserta didik dan bukan kegiatan mengajar guru, sehingga guru sebagai penyebar informasi ("transmitter of information") lebih berperan sebagai pembimbing, penasehat, dan pendorong di dalalm proses belajar peserta didik di dalam kelas semakin berkurang. Presentasi belajar seperti ini akan menuntut lahirnya guru-guru canggih ("sophisticated techers") yang denan medium komputer dapat mengembangkan kegiatan belajar madiri, pemanfaatan sumber-sumber belajar, permainan dan simulasi, dan belajar masyarakat lingkungannya.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.