PENDIDIKAN HUMANIORA DALAM RANGKA PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

A. Daliman,

Abstract


Pendidikan nasional yang pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. Untuk mewujudkan konsep dasar ini Pemerintah memprogramkan bidang studi Humaniora masuk ke dalam kurikulum-kurikulum sekolah. Usaha memasukkan bidang studi Humaniora ke dalam kurikulum telah dirintis oleh Komisi Pembaharuan Pendidikan Nasional sebagai tercantum dalam naskah Laporan Komisi Pembaharuan Pendidikan Nasional. Usaha ini kini menjadi nyata setelah Menteri P dan K, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto menyatakan akan menitikberatkan pendidikan Humaniora dalam policy pendidikannya (Suara Karya, 2 Mei 1983).

Tulisan ini bermaksud membagas secara selintas mengenai pendidikan Humaniora dan fungsinya dalam sistem pendidikan nasional sebagai studi pendahuluan denan harapan nanti disusul suatu pembahasan yang lebih mendalam dan luas dari pihak-pihak kompeten.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter