TINJAUAN TERHADAP BUKU-BUKU PAKET BACAAN PROSA NARATIF SEKOLAH DASAR

Burhan Nurgiyantoro,

Abstract


Untuk membentuk manusia dewasa yang harmonis, dalam arti unsur-unsur hakikinya seimbang, bacaan memegang peranan yang amat penting. Namun perlu pula disadari, bahwa hanya bacaan yang bermutu sajalah yang dapat menunjang perkembangan kejiwaan anak. Oleh karena itu, pemerintah tidak segan-segan menyediakan buku-buku bacaan khususnya untuk anak SD. Buku-buku tersebut dikirimkan ke SD-SD di seluruh pelosok tanah air berupa paket bacaan.

Sesuai dengan 'misi' buku-buku tersebut, yaitu untuk dijadikan 'guru' buat anak-anak, maka bacaan itu pasti berisi unsur-unsur pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Nilai-nilai pendidikan itu antara lain berupa niali religius, sosial, patriotisme, optimisme, kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, dan lain-lain.

Sitinjau dari segi tema yang disodorkan, semua buku bacaan SD baik, dalam arti sudah mencerminkan 'misi'-nya. Namun. tinjauan berdasarkan kriteria isi atau masalah yang dikemukakan maupun bagasa yang dipergunakan, ternyata tidak semua buku cocok untuk dikonsumsikan kepada anak-anak tingkat SD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter