THE IMPACT OF TEACHING EXPERIENCE, EDUCATION LEVEL AND PARTICIPATIVE DECISION MAKING OF TEACHING STAFFS ON STUDENT OUTCOMES IN ACCOUNTING DEPARTMENT AT PRIVATE COLLEGE

Sukirno DS,

Abstract


Keberhasilan rnahasiswa daIarn proses bell\iar rnengajar rnenjadi acuan daIarn penyelenggaraanpendidikan. Berbagai upayadilakukan untuk rnenemukan faktor pernicu (triggeringfactor) keberhasilan rnahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ernpiris apakah pengalaman rnengajar (teaching experience), jenjang pendidikan (education level), dan partisipasi dalam proses pengarnbilan keputusan (participative decision making) staf pengajar, mernpengaruhi hasil beIajar mahasiswa (student outcomes) di JurusanAkuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan semi open ended questioner yang sebelumnya telah diujicobakan dan ditest validitas dan reIiabiIitasnya. Sarnpel penelitian diarnbil dari seluruh dosen yang rnengajar pada perguruan tinggi swasta pada Jurusan Akuntansi di DIY dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hipotesis diuji dengan rnenggunakan teknik analisis regresi linear. Sebelurn dilakukan pengujian hipotesis, terIebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji rnuitikolinearitas, uji linearitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan tiga hal, yakni (I) pengalaman mengajar (teaching experience) danjenjang pendidikan (education level) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 0.9980 dengan tingkat signifikansi 37.2% jauh berada di atas tingkat signifikansi yang dipersyaratkan (5%), (2) partisipasi dosen dalam proses pengambilan keputusan (participative decision making) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini didasarkan pada nilai F sebesar 4.406 dengan tingkat signifikansi 3.8% berada dibawah tingkat signifikansi yang dipersyaratkan (5%), (3) secara bersama"sama pengalaman mengajar (teaching experience),jenjang pendidikan (education level), dan partisipasi dosen dalam proses pengambilan keputusan (participative decision making) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 1.858 dengan tingkat signifikansi 14.2% jauh berada di atas tingkat signifikansi yang dipersyaratkan (5%). Berdasarkan hasil pene1itian ini direkomendasikan (1) perbaikan gaji dosen harus segera dilakukan oleh pemerintah, (2)pelatihan caramengajaryang baik untuk dosen perguruan tinggi swasta, (3) pimpinan sela1u me1ibatkan dosen dalam setiap proses pengambilan keputusan, dan (4) tipe kepemimpinan demokratis dan struktur organisasi tipe desentralisasi dapat dipakai sebagai salah satu strategi yang efektifuntuk meningkatkan kineIja perguruantinggi. Key words: Teaching experience (TE), education level (EL), participative decision making (PART), student outcomes (SO)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter