MEMACU PELAKSAN·AAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) MELALUI PELAYA,NAN SUPERVISI

Authors

  • Suharsimi Arikunto

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7414

Abstract

Dalam transformasi pendidikan dan pengajaran, metode meng·
ajar merupakan salah satu komponen penting yang tergolong dalam
kategori masukan instrumental di samping kurikulum, guru, dan sarana.
Usaha-usaha yang dilakukan oleh para pendidik untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa pada umumnya diarahkan pada komponen-komponen tersebut secara langsung, yaitu dalam bentuk memperbaiki pendekatan, metode mengajar, melengkapi sarana,
dan sebagainya.

Upaya peningkatan pend,ekatan atau metode mengajar yang dilakukan telah dikaitkan dengan peningkatan k,eterlibatan siswa dalam
kegiatan belajar-mengajar. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) yang merupakan salah satu bentuk pembaharuan pendidikan dalam pendekatan. Walaupun, pelaksanaannya memakan waktu cukup
lama, cara tersebut telah disadari perlunya, kemudian diterima oleh
para guru sebagai suatu cara untuk meningkatkan kualitas perolehan
siswa.

Dalam keseluruhan sistem pendidikan, supervisi merupakan bantuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya seperti dikatakan oleh Kimball Wiles "supervision is assistance"in the development of a botter teaching-learning situation" (1, 1956:8). Demikiamah dalam tulisan ini akan disajikan sebuah uraian mengenai keterlibatan supervisi untuk menunjang pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif, satu bentuk uji coba yang dilakukan oleh Balitbang Dikbuddi kabupaten Cianjur bagi pendidikan dasar pacta tahun 1979.

Downloads

Published

2015-12-08

How to Cite

Arikunto, S. (2015). MEMACU PELAKSAN·AAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) MELALUI PELAYA,NAN SUPERVISI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7414