MEMACU PELAKSAN·AAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) MELALUI PELAYA,NAN SUPERVISI

Suharsimi Arikunto,

Abstract


Dalam transformasi pendidikan dan pengajaran, metode meng·
ajar merupakan salah satu komponen penting yang tergolong dalam
kategori masukan instrumental di samping kurikulum, guru, dan sarana.
Usaha-usaha yang dilakukan oleh para pendidik untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa pada umumnya diarahkan pada komponen-komponen tersebut secara langsung, yaitu dalam bentuk memperbaiki pendekatan, metode mengajar, melengkapi sarana,
dan sebagainya.

Upaya peningkatan pend,ekatan atau metode mengajar yang dilakukan telah dikaitkan dengan peningkatan k,eterlibatan siswa dalam
kegiatan belajar-mengajar. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) yang merupakan salah satu bentuk pembaharuan pendidikan dalam pendekatan. Walaupun, pelaksanaannya memakan waktu cukup
lama, cara tersebut telah disadari perlunya, kemudian diterima oleh
para guru sebagai suatu cara untuk meningkatkan kualitas perolehan
siswa.

Dalam keseluruhan sistem pendidikan, supervisi merupakan bantuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya seperti dikatakan oleh Kimball Wiles "supervision is assistance"in the development of a botter teaching-learning situation" (1, 1956:8). Demikiamah dalam tulisan ini akan disajikan sebuah uraian mengenai keterlibatan supervisi untuk menunjang pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif, satu bentuk uji coba yang dilakukan oleh Balitbang Dikbuddi kabupaten Cianjur bagi pendidikan dasar pacta tahun 1979.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter