Penelaahan kembali strategi penilaian acuan norma (PAN) dan penilaian acuan patokan (PAP) sebagai pendekatan dalam penilaian hasil belajar

Iksan Waseso,

Abstract


Menilai hasil belajar mengajar dalam proses pendidikan formal merupakan salah satu kewajiban bagi guru dan dosen. Namun dalam prakteknya hal itu lebih sering dilakukan secara praktisnya saja, dan dilupakan dasar konsepnya, sehingga kadar manfaatnya menjadi kurang tepat guna. Oleh karena itu kiranya perlu ditinjau kembali konsep dasar apa kiranya, yang secara sdar da konsekuen, yang sedang dipakai sebagai pendekatan dalam menilai hasil belajar-mengajarnya. Persoalan kuantitas dan kualitas lulusan program pendidikan nampaknya sebagai dua hal yang saling meniadakan. Namun sebenarnya keterpaduan sistem perkuliahan-pengajaran berdasar kompetensi, prinsip belajar tuntas, dan kepastian model PBM-nya akan dapat menyatukan tingkat kualitas dan kuantitas yang cukup tinggi, tanpa melalikan implikasinya pada pendekatan penilaian prestasi belajarnya, besaerta dua prinsip : kontinuitas dan komprehensif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter