Kemiskinan Kosa Kata : Penyebab Kelemahan Membaca

M. Subiyati,

Abstract


Pengajaran bahasa apa saja, terutama yang hendak mencapai tujuan kemapuan membaca, harus memperhatikan pengajaran kosa kata. Orang tidak akan mampu membaca bila ia berada dalam kemiskinan kosa kata. Tulisan ini beangkat dari sebuah penelitian yang berjudul "Studi Penjajagan Tentang Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Lulusan SMTA"oleh penulis dan kawan-kawan, yang mencoba mengungkapkan rendahnya penguasaan kosa kata pada lulusan SMTA sebagai salah satu penyebab utama lemahnya kemampuan membaca para mahasiswa.

Bahwa para lulusan SMTA belum mampu siap membaca buku berbahasa inggris, merupakan kenyataan yang tidak perlu disangkal lagi. Bahwa para mahasiswa baru belum mampu menghadapi buku-buku literatur berbahasa inggris yang menghadang mereka di perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi, juga merupakan kenyataan yang harus diakui.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter