Sekitar Sejarah IPS

Husain Haikal,

Abstract


Asal mula kata sejarah diambilkan dari bahasa Arab, yaitu kata "sajarah", yang berarti pohon. Dalam bahasa Indonesia kata ini mengalami perkembangan arti. Kata ini mempunyai pengertian yang ganda, kadang-kadang berarti daftar silsilah, riwayat, abad, tambo, serta yang sejenis. Sedang lidah Inonesia mengadakan sejenis penyesuaian dalam pengucapan kata "sajarah". Kata "sajarah" diucapkan menjadi "sejarah" (Gajazabla, 1996, p.1).

Dalam arti silsilah, semula sejarah berarti daftar asal usul atau daftar keturunan. Seperti pohon yang dibalik, daftar silsilah mempunyai batang, cabang, ranting, dan daun-daunan (Nugroho Notosusanto, 1968, hal. 8). Hal ini akan jelas bila seseorang sempat melihat daftar silsilah para ningrat, yang dengan mudah dapat dilihat bila sesorang sempat berkunjung ke Kraton yogyakarta, misalnya.

Dalam berbagai bahasa asing sejarah disebut sebagai history (Inggris), histoire (Perancis), geeschiohte (Jerman), dan geschiedenis (Belanda). Sejarah justur dalam bahasa Arab dikenal sebagai tarikh dan bukan "sajarah".

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter