Tipe-tipe Ekspersi Lukisan Anak-anak

Authors

  • Bambang Damarsari

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7393

Abstract

Pada masa-masa yang lampau sampai sekarang pengaruhnya masih eksistensi pengajaran menggambar dalam pendidikan formal teratah kepada penguasaan teknik menggambar secara realistik-naturalistik, terhitung sejak digunakan copiereen methode. 1) Zwiers & Jangma sebelum 1926 diteruskan oleh Stenderan & Toot (1926) di jaman kolonial sampai dengan Cock &Crijne dan kemudian megode gambar latihan. 2) J. Schlechter yang berpengaruh setelah Indonesia merdeka. Metode-metode pengajaran menggambar di atas sebagai metode klasikal pada dasarnya membawa anak ke arah "pandai menggambar" dengan corak yang seragam yaitu realistik-naturalistik dengan aktifitas banyak kurang mempertimbangkan adanya perbedaan gaya lukisan anak-anak yang tidak semuanya realistik-naturalistik, baik sebagai hasil pengaruh lingkungan seni tupa tradisional, seni rupa modern maupun perbedaan tipe ekspresi artistik yang bersifat individual.

Pengaruh seni rupa tradisional maupun seni rupa modern terhadap lukisan anak-anak lebih lanjut perlu diadakan penelitian kancah yang seksama. Selain itu berdasarkan natural disposition anak, pernah dilakukan berbagai penelitian tentang perbedaan tipe lukisan anak-anak. HHasil-hasil penelitian tersebut pada umumnya menyimpulkan adalanya bermacam-macam tipe lukisan anak-anak yang tidak semuanya berabasi realistik naturalistik.

Downloads

Published

2015-12-07

How to Cite

Damarsari, B. (2015). Tipe-tipe Ekspersi Lukisan Anak-anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7393