Tipe-tipe Ekspersi Lukisan Anak-anak
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7393Abstract
Pada masa-masa yang lampau sampai sekarang pengaruhnya masih eksistensi pengajaran menggambar dalam pendidikan formal teratah kepada penguasaan teknik menggambar secara realistik-naturalistik, terhitung sejak digunakan copiereen methode. 1) Zwiers & Jangma sebelum 1926 diteruskan oleh Stenderan & Toot (1926) di jaman kolonial sampai dengan Cock &Crijne dan kemudian megode gambar latihan. 2) J. Schlechter yang berpengaruh setelah Indonesia merdeka. Metode-metode pengajaran menggambar di atas sebagai metode klasikal pada dasarnya membawa anak ke arah "pandai menggambar" dengan corak yang seragam yaitu realistik-naturalistik dengan aktifitas banyak kurang mempertimbangkan adanya perbedaan gaya lukisan anak-anak yang tidak semuanya realistik-naturalistik, baik sebagai hasil pengaruh lingkungan seni tupa tradisional, seni rupa modern maupun perbedaan tipe ekspresi artistik yang bersifat individual.
Pengaruh seni rupa tradisional maupun seni rupa modern terhadap lukisan anak-anak lebih lanjut perlu diadakan penelitian kancah yang seksama. Selain itu berdasarkan natural disposition anak, pernah dilakukan berbagai penelitian tentang perbedaan tipe lukisan anak-anak. HHasil-hasil penelitian tersebut pada umumnya menyimpulkan adalanya bermacam-macam tipe lukisan anak-anak yang tidak semuanya berabasi realistik naturalistik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.