Penguasaan kosa kata dalam hubugannya dengan kemampuan membaca bahasa inggris di perguruan tinggi
Tanpa kemampuan membaca bahasa inggris, buku-buku perpustakaan perguruan tinggi akan kurang berdaya guna. Masyarakat kampus akan kurang banyak membaca buku, baik berbahasa indonesia maupun bahasa inggris. Bukan karena tidak adanya minat membaca, tapi karena jumlah buku ilmiah berbahasa indonesia (yang terbaca) masih kurang, dan buku berbagasa inggris (yang jumlahnya cukup) tidak terbaca. Ini dapat mengakibatkan lemahnya daya serap berbagai ilmu pengetahuan guna menunjang kemajuan pembungan.
Tulisan ini bertujuan mencoba membuktikan bahwa kemampuan membaca bahasa inggris masih merupakan kebutuhan bital masyarakat ilmiah Indonesia masa kini, dan bahwa penguasaan kosa kata, merupakan semacam jembatan emas menuju terpenuhinya kebutuan itu. Tidak perlu disangkal bahwa orang tidak akan mampu membaca dalam kemiskinan kosa kata. Apa lai menjadi kutu buku. Volume 4.000 kata seperti program kurikulum SMA 1975, emmang merupakan "Threshold" atau ambang pintu batas minimal penguasaan kota kata, yang perlu dilalui sebelum orang terampil memaca buku tanpa terlalu sering meminta pertolongan kamus.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.