Kerja Kelompok sebagai Strategi/Metode Belajar Pengajar

Ngadiran Ngadiran,

Abstract


Di dalam usaha pembaharuan dan pengembangan sistem pendidikan di Indonesia, telah ditempuh berbahai cara yang dianggap dapat menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Salah satu strategi/metoda yang sekarang sedang digalakkan adalah dikenal dengan sebutan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) atau Student Active Learning (SAL). Salah satu metoda yang dipandang dapat menunjang terlaksananya Cara Belajar Siswa Aktif ialah kerja kelompok. Sebab di dalam kerja kelompok ini banyak memberikan kesempatan suatu masalah atau dalam mencapai tujuannya. Sekarang yang penting yang harus mendapat perhatian dalam kerja kelompok ialah bagaimana cara bekerja bersama-sama agar kelompok kerja itu dapat dinamis, efisien, efektif, dan produktif, sehingga dapat memperoleh atau mencapai hasil yang baik. Untuk menunjang keberhasilah kerja kelompok strategi/metode belajar-mengajar ini perlu dipelajari berbagai hal yang ada sangkut pautnya dengan kehidupan kelompok.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter