THE DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION OF BIOLOGY TEACHING KITS USING SELF REGULATED LEARNING (SRL) STRATEGIES
Downloads
Keywords: teaching kits, Self Regulated Learning (SRL) strategies
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING (SRL)
Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran biologi berbasis Self Regulated Learningdi SMA yang telah tervalidasi dan teruji. Metode penelitian menggunakan strategi pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian perangkat pembelajaran adalah siswa kelas X SMAN 1 Sentolo. Teknik pengumpulan data dalam proses validasi dan implementasi perangkat pembelajaran menggunakan angket dan observasi. Data penilaian validator dianalisis dengan rumus kategorisasi, sedang persamaan validator terhadap lembar validasi menggunakan rumus Borich. Data hasil uji coba dianalisis dengan paired sample test. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi tumbuhan lumut di kelas X SMA. Perangkat pembelajaran tersebut telah divalidasi secara teoretis yang dilakukan oleh ahli dan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran tertentu telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan, perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas dan lebih luas.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, strategi self regulated learning
Agusta, E., & ., D. (2015). THE DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION OF BIOLOGY TEACHING KITS USING SELF REGULATED LEARNING (SRL) STRATEGIES. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7355
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.