SEMIOTICS PROGRESS IN TRADITIONAL-GAME-BASED NUMBER LEARNING FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS
Downloads
Keywords: semiotics, bermain satu rumah, hypothetical learning trajectory, learning numbers
KEMAJUAN SEMIOTIKA DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemajuan semiotika siswa dalam pembelajaran bilangan dengan menggunakan permainan tradisional Bermain Satu Rumah yang didukung dengan serangkaian aktivitas belajar berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penelitian didesain melalui tiga fase, yaitu desain awal, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Dugaan Lintasan Belajar dibuat sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian sekaligus menjadi instrumen penelitian. Dugaan Lintasan Belajar diujikan kepada 24 orang siswa kelas III SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran ini dapat memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat merangsang siswa untuk mengonservasi konteks, memahami makna simbol dan menggunakannya, serta mengomunikasikan mulai dari tahap informal sampai formal. Kemajuan yang ditemukan adalah kemampuan siswa untuk mengabstraksi dengan mengadakan dan menggunakan simbol sebagai bagian dari rencana untuk menyelesaikan masalah.
Kata Kunci: semiotik, bermain satu rumah, dugaan lintasan belajar, pembelajaran bilangan
., N. (2015). SEMIOTICS PROGRESS IN TRADITIONAL-GAME-BASED NUMBER LEARNING FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7354
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.