AFFECTIVE DOMAIN DEVELOPMENT: REALITY AND EXPECTATION

Authors

  • Sugirin Sugirin

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.357

Abstract

Abstrak: Pengembangan Ranah Afektif: Kenyataan dan Harapan. Pendidik masa
kini mendambakan perhatian yang seimbang terhadap pengembangan ranah kognitif,
psikomotorik dan afektif dalam mendidik generasi muda. Namun, di dalam
pelaksanaannya sedikit sekali penghargaan yang diberikan kepada anak-anak yang
telah menunjukkan perkembangan ranah afektif secara baik. Hal ini terjadi karena
tolok ukur keberhasilan pendidikan selalu mengacu kepada prestasi siswa yang
terkait dengan ranah kognitif atau psikomotorik. Selain itu, banyak contoh ambivalensi
dalam kehidupan nyata di masyarakat yang dapat melemahkan pondasi
bagi pengembangan ranah afektif. Apabila generasi muda diharapkan berkembang
menjadi manusia seutuhnya, penghargaan yang layak seharusnya diberikan
kepada mereka yang berhasil dalam mengembangkan ranah afektifnya, dan harus
ada teladan yang dapat mereka acu. Selain itu, pendampingan perlu dilakukan oleh
orang tua dan guru.

Downloads

How to Cite

Sugirin, S. (2010). AFFECTIVE DOMAIN DEVELOPMENT: REALITY AND EXPECTATION. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.357