PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF SMK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEWIRAUSAHAAN LULUSAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2170Abstract
Abstrak: Pembelajaran program produktif SMK memiliki posisi strategis dalam pengembangan kompetensi siswa, baik kompetensi teknis (hard competence) maupun kecakapan kewirausahaan (soft competence). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran program produktif SMK mencakup materi ajar, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar yang dapat mengembangkan karakter kewirausahaan lulusan. Hasil penerapan pendekatan research and development, pada bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, Pariwisata, serta Bisnis dan Manajemen dapat dikembangkan model pembelajaran program produktif SMK yang mencakup tiga aspek, yakni materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran produktif. Materi pembelajaran perlu didesain dengan memfokuskan pada kegiatan produktif (membuat atau menciptakan produk baik barang maupun jasa) yang menekankan karakter kewirausahaan, metode pembelajaran bersifat penugasan atau project-work, dan evaluasi hasil pembelajaran perlu menerapkan teknik evaluasi unjuk kerja dengan menekankan evaluasi proses dan produk. Kata Kunci: model pembelajaran, program produktif SMK, karakter kewirausahaanDownloads
Published
2014-08-17
How to Cite
., S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF SMK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEWIRAUSAHAAN LULUSAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2170
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.