MODIFIKASI MEAs DENGAN MENGGUNAKAN DIDACTICAL DESIGN RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2166Abstract
Abstrak: Artikel ini berisi hasil penelitian tentang bagaimana cara memodifikasi pembelajaran Model- Eliciting Activities (MEAs) dengan menggunakan Didactical Design Research (DDR). Metode yang digunakan adalah Research & Development melalui tahap-tahap: persiapan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar, pembelajaran MEAs yang dimodifikasi, tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran instrumen tes; pelaksanaan penelitian berupa uji coba pembelajaran MEAs yang dimodifikasi terhadap seluruh mahasiswa S1 pendidikan matematika yang mengikuti mata kuliah Statistika Dasar pada semester genap TA. 2011/2012 di sebuah PTN di Kota Bandung dengan metode kuasi-eksperimen menggunakan Split-Plot Nested Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa reguler dan mahasiswa mengulang yang memperoleh pembelajaran MEAs yang dimodifikasi lebih tinggi secara signifikan dari mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model-Eliciting Activities (MEAs) yang dimodifikasi, didactical disain researchDownloads
Published
2014-08-17
How to Cite
cakrawala, B. A. P. M. (2014). MODIFIKASI MEAs DENGAN MENGGUNAKAN DIDACTICAL DESIGN RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS MAHASISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2166
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.