The Development of a Web-Based Learning to Improve of a Creative Writing Ability of PGSD Students

Atikah Mumpuni, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
Laelia Nurpratiwiningsih, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

Abstract


Abstract: This research was aimed to develop a feasible and effective web-based learning in improving a creative writing ability for PGSD students. This was a research and development (R&D) study developed by Borg & Gall. Data was gathered from assessment of material experts, student questionnaire and a creative writing ability test. The developmnet of a web-based learning was conducted by developing learning equipment that cover syllabus, class event unit (SAP), web-based learning media and a creative writing assessment. The research results showed that learning equipments developed were feasible and effective to be used in a learning process. That feasibility was seen from material expert assessment and students’ response with a samegood assessment. Meanwhile, the effectiveness of a web-based learning in improving a creative writing ability was based on the improvement and average difference of student creative writing ability that is significant after treatment.

 

Keywords: learning development,Web-Based Learning, creative writing, PGSD

 

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Mahasiswa PGSD

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran berbasis web yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif mahasiswa PGSD. Metode penelitian ini adalah  Research and Development (R&D) yang dikembangkan Borg and Gall. Data dikumpulkan dari penilaian ahli materi, angket mahasiswa, dan tes kemampuan menulis kreatif. Pengembangan pembelajaran berbasis web dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, satuan acara perkuliahan, media pembelajaran berbasis web, dan penilaian menulis kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan lewat angket untuk validasi produk dan tes untuk uji coba di lapangan, sedang teknik analisis data dilakukan lewat teknik statistik deskriptif dan t-tes untuk uji beda mean lewat bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan tersebut dilihat dari penilaian ahli materi dan respon mahasiswa yang sama-sama menilai baik. Sementara itu, keefektifan pembelajaran berbasis web dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif didasarkan adanya peningkatan dan perbedaan rata-rata kemampuan menulis kreatif mahasiswa yang signifikan setelah perlakuan.

 

Kata kunci: pengembangan pembelajaran, pembelajaran berbasis web, menulis kreatif, PGSD

Keywords


learning development;Web-Based Learning; creative writing; PGSD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009).Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara

Borg, W.R., Gall, M.D., & Gall. J.P. (2003). Educational research: an introduction. New York: Pearson Education. Inc.

Dalman.(2016). KeterampilanMenulis. Jakarta: RajawaliPers

Deporter, B &Hernacki, H. (2009).Quantum Learning MembiasakanBelajarNyamandanMenyenangkan (TerjemahanAlwiyah Abdurrahman). New York: Dell Publising (Bukuasliditerbitkantahun 1992)

Krisianto, A. (2014). BukuPintarInternetanConnect for Beginner. Bandung: Oasebuku

Marisa, dkk.(2014). Komputerdan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustadi, A., Suhardi, Endah Sri Susilaningrum, Rohmatul Ummah, Maylina Purwatiningtyas, dan Prabantara Esti Wijayanti. 2017. Character-Based Reflective Picture Storybook: Improving Student’s Social Self-Concept In Elementary School, Cakrawala Pendidikan, 31(3), 369-381.

Nurgiyantoro, B. (2015). SastraAnakPengantarPemahamanDuniaAnak. Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Sagala.(2011). KonsepdanMaknaPembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sunwinarti&Suwito, D. (2016) Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Web untukMeningkatkanHasilBelajarDasar-DasarMesinKelas X di SMK Negeri 3 BuduranSidoarjo.JurnalPendidikanTeknikMesin, 4 (3), 21-27.

Tompkins, G &Hoskisson,K. (1995).Language Art Content and Teaching Strategies. United States of America: Prentice-Hall

Zulaeha. (2013). Model Inkuiri Terpimpin Berpasangan dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Konservasi Budaya Berbasis Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30 (1), 117-124.




DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.20009

Refbacks





 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter