The Analysis of Factors Influencing Graduation Achievement in Nurse Competence Test of Nurse Profession Program

Lukmanulhakim Lukmanulhakim, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faletehan Serang, Indonesia
Lenny Stia Pusporini, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faletehan Serang, Indonesia

Abstract


Abstract: Competence test is conducted to fulfil the graduates’ performance competence standards. Nurse competence is oriented to the performance quality in giving a comprehensive care. Study intends to identify factors influencing graduation achievement in UKNI of Nurse Profession Program students of STIKes Faletehan Serang. It is a quantitative study with analytical correlational design and cross sectional approach. Samples are 106 respondents who were selected by using total sampling technique. The statistical used are Chi Square and simple logistic regression prediction model. The Chi Square analysis result with α = 0.05 finds p value of the three variables are 0.804 (anxiety and family support), and 1.000 (peers support). Besides, the analysis result of other three variables obtains p value of 0.034 (GPA), p value of 0.000 (liveliness), and p value of 0.000 (try out result). The analysis result of simple logistic regression shows that Odds Ratio (OR) of liveliness variable is 156.734. The research results can be an evaluation material to increase graduation achievement in UKNI are the benchmark of improving the implementation of university quality assurance.

 

Keywords: capaian kompetensi, kompetensi perawat, uji kompetensi Ners, progra profesi Ners

 

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Capaian Kelulusan Uji Kompetensi Ners Mahasiswa Program Profesi Ners

Abstrak: Uji kompetensi dilaksanakan untuk mencapai lulusan yang memenuhi standar kompetensi kinerja. Kompetensi perawat berorientasi terhadap kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan keperawatan secara komprehensif.Penelitian bertujuan untuk mengetahaui faktor-faktor yang mempengaruhi capaian kelulusan UKNI mahasiswa Program Profesi Ners STIKes Faletehan Serang. Penelitian berjenis kuantitatif dengan rancangan korelasi analitik melalui pendekatan Cross Sectional.Sampel penelitian sebanyak 106 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan lewat angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Chi Square dan regresi logistik sederhana model prediksi.Hasil analisis uji Chi Square dengan α = 0.05, ketiga variabel diperoleh p value sebesar 0,804 (kecemasan dan dukungan keluarga), serta 1,00 (dukungan teman sebaya). Hasil analisis ketiga variabel lainnya diperoleh p value sebesar 0.034(IPK Akademik), 0.000 (keaktfikan), dan 0.000 (try out nasional). Hasil analisis regresi logistik, teridentifikasi Odds-Ratio(OR) dari variabel keaktifan adalah 156.734.Hasil ini dapat dijadikan evaluasi dalam peningkatan capaian kelulusan UKNI yang merupakan tolak ukur dalam penyelenggaraan penjaminan mutu perguruan tinggi.

 

Kata kunci : capaian kompetensi, kompetensi perawat, uji kompetensi Ners, progra profesi Ners


Keywords


achievement of competence; nurse competence; competency test Ners; professional program Ners

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia.Jurnal Penelitian Administrasi Publik. 2.(2), 373-380.

AIPNI-AINEC. (2015). Kerangka Acuan Kera Try Out Uji Kompetensi Ners TIM Kompnen 2 Health Prfessional Education Quality (HPEQ Project). Diakses 12 September 2017. Melalui :http://aipni-ainec.com/news.php?view=185.

Atik, M. (2016).Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang.Skripsi.Tidak dipublikasikan.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Salatiga.

Baker, J. J. (2003). Dispositional Coping Strategies, Optimism, and Test Anxiety as Predictors of Specific Responses and Performance in an Exam Situation.Dissertation in Psychology.

Carrick, J. A. (2011). Student achievement and NCLEX-RN success: Problems that persist. Nursing Education Perspectives, 32.(2) : 78-83. Diakses pada 15 Agustus 2017,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21667787.

Dahlan, M.S. (2014). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat dan Multivariat, Dilengkapi Aplikasi dengan Menggunakan SPSS. Edisi keenam.Jakarta : Epidemologi Indonesia.

Dharma, K.K. (2011).Metodologi penelitian keperawatan ; Panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Jakarta: Trans Info Medika

Djamarah., B.S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Goodwin, D., & Webb, M.A. (2014).Comparing Teacher’s Paradigm with the teaching and learning paradigm of their state’s teacher evaluation system.Research In Higher Education Journal. 25(7), 1-11.

Hartoyo, M. (2004).Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Ansietas (Kecemasan). Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Istianah.,&Pitono, A.J (2016). Nilai Try Out Sebagai Faktor Prediktor Hasil Uji Kompetensi Nasional Lulusan Ners STIKes Rajawali Bandung. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602-14422-7-2. pp: 137.

Kail, R.V., & Cavanaugh, J.C. (2000), Human Development : A Life Span View, Wadsworth, Belmont : USA.

Kemenkes RI. (2010). Standar Laboratorium Keperawatan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan.

Kemensristek DIKTI. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Ditjen Dikti.

Kemenristek DIKTI. (2016). Implementasi Uji Kompetensi Nasional bidang Kesehatan sebagai Langkah Konkrit Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan.Retrivied 24 Maret 2017. Melalui: http://www.dikti.go.id

Kemenristek DIKTI. (2017). Data Statistik Pendaftar lulus dan tidak lulus.Registrasi Online Uji Kompetensi NERS.Retrivied 02 Maret 2017. Melalui : http://ukners.dikti.go.id/pages/statistik_lulus.

Khaliq, F., Anjana, Y., & Vaney, N., J.,(2009). Visual Evoked Potential Study in Slow Learners. Indian J Physiol Pharmacol. 53 (4), 341 – 346.

Kuh, G.D., Kinzie, J., Buckley, J.A., Bridges, B. K. & Hayek, J.C. (2006).What matters to student success: A review of the literature. Commissioned report for the National Symposium on Postsecondary Student Success: Spearheading a dialog on student success. National Postsecondary Education Cooperative (NPEC).

Manulu, L.O.,&Pitono, A.J. (2016).Identifikasi Kelulusan Ukni Berdasarkan Hasil Try Out Di STIKes Rajawali Bandung Tahun 2016. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602-14422-7-2.pp : 83 – 90.

Newton, S.E. & Moore, G. (2009). Use of Aptitude to Understand Bachelore of Science in Nursing Student Attrition and Readness for The National Council Lecensure Examination Registered Nurse. Journal of Profesional Nursing. 25(5), 273-278. DOI https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2009.01.016.

Papalia, D.E., Olds, S.E., & Feldman, R.D. (2009). Human Development: Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Papastavrou, E., Lambrinou, E., Tsangari, H., Saarikoski, M. & Leino-Kilpi, H. (2010). Student nurses experience of learning in the clinical environment. Nurse Education in Practice. 10.(3), 176-82. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nepr.2009.07.003.

Permenkes RI. 2013 No. 36. Tenang Uji Kompetensi Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan.

PPNI.(2005). Standar Kompetensi Perawat Indonesia.Jakarta : Pengurus Pusat PPNI.

Potter, P.A & Perry, A.G. (2010).Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik.Edisi 4.Volume 1.Alih Bahasa: Yasmin Asih, dkk. Jakarta, EGC

Pusparini, M., Imaningdiyah, A., Andiyani, S.A., Mahardika, Z.P., & Miranti, D.D. (2016).Hubungan antara IPK Program Sarjana Kedokteran dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa FKUY.JK Unila, 1.(2), 235-242.

Rahadian, D.Z., Iskandar, R., & Riyadi, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.Wacana Kesehatan, 2.(2), 180-190.

Rohmah, H.N.F. (2010), Hubungan Antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Askeb 3 Mahasiswa Prodi DIV Kebidanan FK UNS. Karya Tulis Ilmiah. UNS. jakarta.

Sabri, L. & Hastono, S.P. (2014).Statistik Kesehatan. Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Pers.

Syarafuddin, M, (2012), Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Keruak Kab.Lombok Timur.Media Bina Ilmiah. 6(4): 25-32

Stuart, G.W. & Laraia, M.T. (2008).The principle and practice of psychiatric nursing.Edisi 8. Elsevier Mosby. St. Louis. Missouri.

Sukmadinata, N.S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Tanzila, R.A., Zalika, P. (2016). Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Profesi Dokter Dan Nilai Ujian Komprehensif Dengan Kelulusan Firstaker Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602-14422-7-2.pp : 141.

Usman, M. U. (2007). Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI 2014 No. 38. Tentang Praktik Keperawatan.

Undang-Undang RI 2012 No. 12. Tentang Pendidikan Tinggi.

Wijaya, D., Sulstyorini, L., & Wantiyah. (2017). Analisis Hasil Try Out Uji Kompetensi Ners Berbasis Pdca Di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602-14422-7-2. pp. 91 – 105

Yanti, S., Erlamsyah.,& Zikra (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Ilmiah Konseling, 2.(1), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19881

Refbacks





 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter