Building Student’s Understanding of Exponent Concept Using the Growth of the Human

 Eka Susanti, Zulkardi Zulkardi, Yusuf Hartono

Abstract


This research is aimed to create a learning trajectory of exponential concept using the context of cell division in the human body. Design research was chosen as the research method consisting of three main phases. This research was conducted in class IX in a public junior high school in Palembang. The result showed the design activity can encourage students to look at the form of duplication  through modeling (charts/schemes) that students make themself, the students had the idea to count the number of tillers cells that are formed as a result of cleavage then applymultiples to determine the number of seedlings of the new cell. from the multiple of numbers, the idea of putting it into the form of repeated multiplication takes students into the definition of the power to a number, and then the properties of exponential forms.

Desain Pembelajaran Materi Eksponen Dengan Konteks Perkembangan Tubuh Manusia

Penelitian  ini bertujuan  untuk menghasilkan lintasan belajar konsep eksponensial menggunakan konteks pembelahan sel yang terjadi pada perkembangan tubuh manusia untuk membantu pemahaman siswa tentang konsep eksponen. Metode penelitan ini menggunakan desain riset yang terdiri dari tiga tahapan. Penelitian dilaksanakan di kelas IX (yaitu, 6 siswa pada pilot experiment dan 32 siswa pada teaching experiment) SMP Negeri di Palembang. Data dikumpulkan dengan teknik rekaman video, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes (pretes dan postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dirancang dapat mendorong siswa untuk melihat bentuk penggandaan yang terjadi melalui pemodelan (bagan/skema) yang siswa buat sendiri, siswa memiliki ide untuk menghitung jumlah anakan sel yang terbentuk sebagai hasil pembelahan kemudian menggunakan bilangan kelipatan untuk menentukan banyak anakan sel yang baru. Dari bilangan kelipatan, muncul ide untuk menyatakannya kedalam bentuk perkalian berulang yang membawa siswa ke dalam definisi bentuk pangkat. Pada akhir pertemuan, siswa  menemukan sifat operasi bilangan berpangkat melalui definisi bilangan berpangkat.

Kata Kunci: bilangan pangkat, desain riset, PMRI


Keywords


exponent; design research; RME

Full Text:

PDF

References


Arieyanti. P, Putri R. I. I, & Kusumawati, N. (2015). Desain pembelajaran menggunakan konteks perkembangbiakan hewan secara vegetatif pada materi bentuk pangkat di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 6(1), 39-48.

Agustin. K., & Linguistika. Y. (2012). Identifikasi kesalahan siswa kelas x pada evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (online). http/eprints.uny.ac.id/8097/1/P – 50.pdf

Bakker,A. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools.Utrech: Freudenthal Institute Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective, in Van den Akker, K.. Gravemeijer, K. S. Mckenny

S, & Nieven.N. Educational design research, 17-51. London: Routhledge

Gravemeijer, K. (2017). How Concrete Is Concrete?. IndoMS JME, 2(1), 1-14.

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan, dan implementasinya (edisi revisi). Jakarta: Grafindo.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pmri berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1): 34-44.

Hewson, A. E. (2013). An examination of high school students misconceptions about solution methods of exponential equations. New York: State University of New York.

Kumalasari, F., Nusantara, T., & Sa’dijah, C. (2016). Defragmenting struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen. Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian, dan pengembangan, 1(2), 246-255

Makgakga, S., & Sepeng, E. (2013). Teaching and learning the mathematical exponential and logarithmic functions: A transformation approach. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 177-185.

Mousel, S. A. (2006). The exponential function expository. Paper.https://www.researchgate.net/publication/242210020_The_Exponential_Function_Expository_Paper. Diakses pada 2 maret 2017 National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2010). Developing essential understanding of function. Reston, VA: Author.

Ozkan, E. M., & Ozkan, A. (2012). Misconception in Exponential Numbers in IST and IIND Level Primary School Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 6569. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.069

Pinahayu, E. (2015). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternative pemecahannya. Jurnal Formatif, 5 (3), 1-11.

Retnowati, E. (2017). Faded-example as a Tool to Acquire and Automate Mathematics Knowledge. Journal of Physics: Conference Series, 824(1), 012054.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. IndoMS JME, 1(1), 11-16.

Simanulang, J. (2014). Pengembangan bahan ajar materi himpunan konteks laskar pelangi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-54.

Soedjadi, R. (2007). Inti dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-9.

Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar

matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXI(2), 244255.

Van de Walle, & John, A.. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Weber, K. (2002). Developing Student Understanding of exponents and Logarithm. Paper presented for a conference. Murray State University.

Zulkardi. (2010). How To Design Mathematics Lessons Base On The Realistic Approach. www.reocities.com/ratuilma/rme/html. Diakses pada maret 2017.




DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.17800

Refbacks



Printed ISSN (p-ISSN): 0216-1370 
Online ISSN (e-ISSN): 2442-8620
 

Our Journal has been Indexed by:

 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter