IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DI SMK

Pardjono dan Hestina Windiyati,

Abstract


Abstrak: Implementasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi di SMK. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran berbasis kompetensi pada program studi keahlian Agribisnis Produksi Tanaman di SMKN 1 Pandak Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus. Subjek penelitian adalah guru produktif sebanyak 5 orang, ketua progam studi keahlian 1 orang, dan kepala sekolah 1 orang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan lewat wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan interactive model dari Miles & Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi, menginterpretasikan, mengambraksi untuk merumuskan konsep dan teori. Kesimpulan hasil penelitian (1) pendekatan pembelajaran mengikuti pendekatan behavioristik, kognitifistik, konstruktivistik, dan representasinya pada penggunaan motivasi, media, dan metode yang sesuai karakteristik peserta didik untuk mengoptimalkan kepekaan sensori peserta didik; (2) stratergi belajar aktif pada umumya dilaksanakan oleh responden. Kata Kunci: pembelajaran, kompetensi, produksi tanaman, pembelajaran agroindustri Abstract: The Implementation of Competency Based Instruction at SMK. This research aims at exploring competency based learning implementation in Agribusiness of Plant Production study program of SMK Negeri 1 Pandak Bantul. The qualitative naturalistic approach was employed in this research. The research subjects consist of five productive teachers, one Head of Study Program, and one head master. A deep interview and observation are exploited to obtain the data. The results suggest that (1) most practiced instructional approaches implemented behavioristic, cognitivistic, and construtivistic approaches in order to optimize students’ sensor sensitivity; (2) in general the respondents applied active learning strategy. Keywords: instructional, competency, plant production, agribusiness instruction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter