PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN GEOMETRI DAN PENGUKURAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MEMPERKUAT KONSEPSI SISWA

Sunismi dan Mulin Nu’man,

Abstract


Abstrak: Pengembangan Bahan Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Komputer untuk Memperkuat Konsepsi Siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan untuk geometri dan pengukuran menggunakan model penemuan terbimbing berbantuan komputer untuk memperkuat konsepsi siswa. Produk yang dihasilkan berupa buku guru, buku siswa, dan CD pembelajaran interaktif untuk bahan geometri dan pengukuran menggunakan model penemuan terbimbing berbantuan komputer. Temuan penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat meningkatkan konsep matematika siswa. Produk tersebut efektif untuk mengajar Matematika, khususnya untuk geometri dan pengukuran menggunakan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII. Kata Kunci: bahan pembelajaran, model penemuan terbimbing, konsepsi siswa Abstract: Development of Learning Materials For Geometry and Measurement Using the Computer-Assisted Guided Discovery Model to Strengthen Students’ Conception. This research and development study was aimed to develop materials for Geometry and measurement using the computer-assisted guided discovery model to strengthen students’ conception. The product was in the form of teachers’ book, students’ book, and interactive teaching CD for Geometry and Measurement using the computer-assisted guided discovery model. The findings showed that the developed product could improve students’ mathematics concepts. The product was effective to be used in teaching Mathematics, especially for geometry and measurement using the guided discovery model for the eighth grade students of junior high schools. Keywords: learning material, guided discovery model, students’ conception

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter