PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF-MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1554Abstract
Abstrak: Pengaruh Goal Setting dan Self-Monitoring dalam Penguasaan Keterampilan Gerak dan Motivasi Intrinsik Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini ber- tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penetapan tujuan dan, pemantauan diri sebagai dua komponen penting dari self regulated learning (SRL) dengan penguasa- an keterampilan motorik dan motivasi intrinsik dari siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 mahasiswa (terdiri dari 35 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan), kelas empat dan lima berusia 10-12 tahun di SD Padasuka Bandung. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok eksperimental dan satu kelompok kontrol dengan tugas acak. Data hasil perhitungan dengan menggunakan Manova dua faktorial menunjukkan bahwa penerapan tujuan dan, pemantauan diri memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan keterampilan motorik anak panah melempar dan motivasi intrinsik. Tujuan dinamis meningkatkan keterampilan motorik melemparkan panah dan motivasi intrinsik lebih tinggi dari proses dan tujuan produk secara signifikan, sedangkan tujuan proses meningkatkan keterampilan motorik melempar panah dan motivasi intrinsik lebih tinggi dari tujuan produk secara signifikan. Secara umum, semua kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan motorik melemparkan panah dan motivasi intrinsik yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol secara signifikan. Kata Kunci: Pengaturan tujuan, pemantauan diri, keterampilan motorik, motivasi intrinsikDownloads
Published
2013-12-30
How to Cite
Hidayat, Y. (2013). PENGARUH GOAL SETTING DAN SELF-MONITORING DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DAN MOTIVASI INTRINSIK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3). https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1554
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.