PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI TERHADAP KETERAMPILAN CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLABASKET
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1552Abstract
Abstrak: Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Keterampilan Chest Pass dalam Permainan Bola Basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik dan latihan beban secara konvensional terhadap keterampilan chest pass dalam permainan bolabasket ditinjau dari koordinasi mata tangan. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan faktorial group design dengan 2 x 2 dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan dengan sampel 60 siswa putra. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Varian yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Secara keseluruhan keterampillan Chest Pass pada kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan metode latihan pliometrik lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan metode latihan beban secara konvensional. (2) Kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi yang diberi perlakuan metode latihan pliometrik lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi yang diberi perlakuan metode latihan konvensional. (3) Kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah dan diberi perlakuan metode latihan pliometrik lebih rendah dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah dan diberi perlakuan metode latihan konvensional. (4) Terdapat interaksi antara pemberian metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan chest pass pada kelompok siswa. Kata Kunci: metode latihan, koordinasi, keterampilan chest pass, permainan bola basketDownloads
Published
2013-12-30
How to Cite
Jayadi, W. (2013). PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI TERHADAP KETERAMPILAN CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLABASKET. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3). https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1552
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.