BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN SD SEBAGAI YADNYA DALAM RANGKA PERWUJUDAN DHARMA AGAMA DAN DHARMA NEGARA BERBASIS KONSTRUKTIVISME
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1477Abstract
Abstrak: Pada tahun ketiga, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran PKn sebagai yadnya dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa SD pada aspek-aspek pengetahuan, nilai-nilai, dan tingkah-laku kewarganegaraan, baik secara bersama-sama maupun secara individu. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan research and development (R & D). Pada tahun ketiga, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model kuasi eksperimen dengan posttes only with control group design. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah pencapaian siswa dalam pengetahuan, nilai-nilai dan perilaku berkewarnegaraan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, inventori, dan evaluasi diri siswa yang diperoleh dari sampel siswa yang dipilih secara acak dan dianalisis menggunakan analisis varian multivariat (manova). Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, efektivitas pembelajaran PKn yang berbasis yadnya telah dikembangkan dengan sintaks pembelajaran yang terdiri dari sepuluh langkah. Kedua, implementasi model pembelajaran PKn sebagai yadnya memberikan kategori hasil belajar PKn siswa yang cukup pada aspek pengetahuan kewarganegaraan, kategori tinggi pada aspek orientasi nilai kewarganegaraan, dan kategori tinggi pula pada aspek tingkah-laku kewarganegaraan. Terakhir, penerapan model pembelajaran PKn sebagai yadnya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa pada aspek pengetahuan, orientasi nilai, dan tingkah-laku kewarganegaraan secara simultan dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran secara konvensional, tetapi, pengaruh pembelajaran sebagai yadnya terhadap pembentukan tingkah-laku kewarganegaraan secara parsial tidak signifikan. Kata Kunci: pembelajaran PKn berbasis yadnya, prestasi PKn siswaPublished
2013-10-28
How to Cite
., S. (2013). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN SD SEBAGAI YADNYA DALAM RANGKA PERWUJUDAN DHARMA AGAMA DAN DHARMA NEGARA BERBASIS KONSTRUKTIVISME. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2). https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1477
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.