PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH TEKNOLOGI AIR DAN PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1471Abstract
Abstrak: Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Mata Kuliah Tekonologi Air dan Pengolahan Limbah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Teknologi Air dan Pengolahan Limbah Industri melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan reviu pokok bahasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Analis Kimia FMPA Undiksha, sedang objek penelitian adalah aktivitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menujukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan reviu pokok bahasan dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa, tetapi hasil belajar mahasiswa masih belum memuaskan. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang diterapkan cukup positif. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ini adalah waktu yang diperlukan cukup banyak dan ketersediaan sumber belajar yang terbatas.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, aktivitas, respon dan hasil belajar.
Downloads
Published
2012-02-28
How to Cite
Sukarta, I. N., & Gunamantha, I. M. (2012). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH TEKNOLOGI AIR DAN PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (1). https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1471
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.