Education for Sustainable Development Situations in the West Nusa Tenggara Province
Abstract
KONDISI PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengkaji kondisi pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) di tingkat pemerintah daerah, lembaga pendidikan dan masyarakat yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini bersifat eksploratif dengan menggunakan analisis deskriptif. Kajian ini mendapatkan kesimpulan bahwa pemahaman terhadap PPB di tingkat provinsi hingga tingkat masyarakat berbeda-beda dikarenakan minimnya keseriusan di tingkat pemerintah pusat. Hanya sedikit program, kegiatan dan mata pelajaran sekolah yang terkait aspek-aspek PPB dilaksanakan di sekolah dan di masyarakat di NTB. Beberapa sekolah dan pesantren berhasil mengintegrasikan aspek-aspek PPB ke dalam kegiatan mata pelajaran seperti biologi, geografi, seni, dan agama, serta kegiatan ekstrakurikuler berupa Pramuka, Palang Merah Remaja dan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Di tingkat masyarakat, aspek-aspek PPB di NTB lebih banyak dilaksanakan oleh organisasi kepemudaan dan LSM lokal meskipun masih berjalan dengan arah masing-masing secara independen, sektoral dan minim jaringan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AGEPP. 2008. Buku Pedoman Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Asia. Abe Osamu Tokyo: Japan Council on the UN Decade of Education for Sustainable Development (ESD-J). Badan Pusat Statistik NTB. 2013. Nusa Tenggara Barat dalam Angka 2013, http://ntb.bps.go.id/arc/2013/statda2013/index.html#30/z, diakses 25 Juni 2014. Badan Pusat Statistik. 2014. Number and Percentage of Poor People, Poverty Line, Poverty Gap Index, Poverty Severity Index by Province, March 2014, http://www.bps.go.id/eng/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=23¬ab=1, diakses 8 September 2014. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Model Pendidikan untuk Pembanguan Berkelanjutan melalui Kegiatan Intrakurikuler, http://litbang.kemdikbud.go.id/Data/puslitjak/laporan_hasil_penelitian/2010/ESD2010%20Model%20INTRA%20Final.pdf, diakses 14 Agustus 2014. Butler, J.R.A., W. Suadnya, K. Puspadi , Y. Sutaryono , R.M. Wise, T.D. Skewes, D. Kirono, E.L. Bohensky, T. Handayani, P. Habibi, M. Kisman, I. Suharto, Hanartani, S. Supartarningsih, A. Ripaldi, A. Fachry, Y. Yanuartati, G. Abbas, K. Duggam, A. Ash. 2013. Framing The Application Of Adaptation Pathways For Rural Livelihoods And Global Change In Eastern Indonesian Islands. Global Environmental Change, https://www.veco-ngo.org/sites/default/files/paragraph/attachments/butler_et_al_adaptation_pathways_in_eastern_indonesian_islands_gec_2014_2.pdf, diakses 28 Desember 2014 DESD. 2012. About Education for Sustainable Development, http://www.desd.org/About%20ESD.htm, diakses tanggal 14 Agustus 2014. De Leo, Joy. M. 2012. Quality Education for Sustainable Development: An educator handbook for integrating values, knowledge, skills, and quality features of education for Sustainable Development in Schooling. Australia: UNESCO APNIEVE, http://www.yooyahcloud. com/APNIEVE/7LHEdb/QESD_peek_inside.pdf, diakses 8 Agustus 2015. ESDtoolkit. 2014. Discussion of Education for Sustainable Development: Introduction, http://unesdoc.unesco.org/images/0015/001524/152453eo.pdf, diakses 25 Januari 2015. Hamidi, A., Saleh, M., Purbaningrum, M. M., Setyaningrum, R., Kusuma, R., Adriani, R.R. Matakupan,.S. J. 2014. Perjalananan Education for Sustainable Development di Indonesia dalam perspektif LSM: Menyongsong Akhir Decade of ESD (2005-2014). Kelompok Kerja LSM untuk PPB di Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Informasi Mengenai Adiwiyata, http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/. diakses 20 Agustus 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Hasil Puslitbang Kemdiknas Terkait Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, http://litbang.kemdikbud.go.id/Data/puslitjak/laporan_hasil_penelitian/2011/Laporan-Ringkas-Litbang-ESD-Puslitjak-2008-2011pass.pdf, diakses 25 Juni 2014. Lomboknews. 2011. Hasanain Juaini dan Ponpes Nurul Haramain Putri, http://lomboknews.com/2011/09/24/hasanain-juaini-dan-ponpes-nurul-haramain-putri/, diakses tanggal 25 Juni 2014. Lomboktoday. 2013. Masih Minim Penerapan Sekolah Adiwiyata di Mataram, http://lomboktoday.co.id/read/2013/12/06/masih-minim-penerapan-sekolah-adiwiyata-di-mataram.html, diakses tanggal 25 Juni 2014. McKay, Jeanne E.,Fachruddin M. Mangunjaya,Yoan Dinata,Stuart R. Harrop and Fazlun Khalid. 2013. Practise what you preach: a faith-based approach to conservation in Indonesia, http://journals.cambridge.org/action/displayAbstract?aid=9067642, diakses 20 Januari 2016 Mutohir, T. Ch. 2013. Pendidikan Berkarakter Menyongsong Generasi Emas: 100 Tahun RI Merdeka. Makalah: Disajikan pada Seminar Pendidikan di IKIP Mataram pada tanggal 30 Januari 2013. Muttarak, R., & Lutz, W. 2013. Is Education a Key to Reducing Vulnerability to Natural Disasters and hence Unavoidable Climate Change? Jurnal Ecology and Society, 19(1), 42. Muttarak, R., & Pothisiri, W. 2013. The role of education on disaster preparedness: case study of 2012 Indian Ocean earthquakes on Thailand’s Andaman Coast. Jurnal Ecology and Society, 18(4), 51. Ngabekti, Sri. 2012. Konsep Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan: Kasus Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal. Disertasi. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup. 2015. Kearifan Lokal adalah asset global, http://pplhselo.or.id/berita/kearifan-lokal-adalah-aset-global.html, diakses 25 Januari 2016 Sita, P. S.,d 2013. Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan Indonesia di Kalangan Remaja,https://sadhvisita.files.wordpress.com/2013/12/pengaruh-kebudayaan-asing-terhadap-kebudayaan-indonesia-di-kalangan-remaja.pdf, diakses 20 Januari 2016 Sustainable Development. 2014. UNESCO World Conference on Education for Sustainable Development (ESD), https://sustainabledevelopment.un.org/index.php?page=view&type=13&nr=466&menu=1561, diakses 8 September 2014 Tilbury, Daniella and Wortman, David. 2004. Engaging people in sustainability. Commission in Education and Communication, IUCN: Switzerland, https://portals.iucn.org/library/efiles/documents/2004-055.pdf, diakses 8 September 2014. UNESCO Bangkok. 2005. Working Paper: Asia Pacific Regional Strategy for Education for Sustainable Development. Bangkok: UNESCO Asia and Pacific Regional Bureau for Education, Bangkok. UNESCO. 2011. Education For Sustainable Development Information Brief, http://www.rmbr.ca/wp-content/uploads/2011/11/esd_ib_ag.pdf, diakses tanggal 8 September 2014 United Nations. 2010. Sustainable Development: From Brutland to Rio 2012, http://www.un.org/wcm/webdav/site/climatechange/shared/gsp/docs/GSP1-6_Background%20on%20Sustainable%20Devt.pdf, diakses 17 Februari 2016 United Nations. 2014. Introduction And Proposed Goals And Targets On Sustainable Development For The Post 2015 Development Agenda, http://sustainabledevelopment.un.org/content/documents/4044zerodraft.pdf, diakses tanggal 8 September 2014 United Nations Environment Programme. 2014. Introduction to understanding sustainable consumption education in Indonesia, http://www.unep.org/resourceefficiency/Portals/24147/Consumption/ESC%20Idonesia%20%20National%20Recommendations%20&%20Guidelines%20%20Indonesian%20-%20%2002May2014.pdf, diakses tanggal 8 September 2014. Utsman, Ahmad Farid. 2012. Peran tokoh masyarakat dalam menciptakan kampung pendidikan berwawasan Islami di kawasan wisata pantai Bajul Mati Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Van der Land, V. & Hummel, D. 2013. Vulnerability And The Role Of Education In Environmentally Induced Migration In Mali And Senegal. Jurnal Ecology and Society, 18(4), 14. Zamroni, M. Imam dan Rahayu, Lies. 2012. Pengembangan Madrasah Berparadigma Pembagunan Berkelanjutan. Kawistara, 2(1), 48-57.
DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.13698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.