Green Chemistry Practicum to Enhance Students' Learning Outcomes on Reaction Rate Topic
Downloads
Keywords: green chemistry practicum, conventional chemistry practicum, learning outcomes, reaction rate
METODE PRAKTIKUM KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK LAJU REAKSI
Abstrak: Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh medote praktikum kimia hijau terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan non-equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MIA SMA di Provinsi Bali. Untuk keperluan penelitian ini, diperlukan dua kelas paralel dari salah satu SMA yang ada di provinsi Bali. Pada penelitian ini, masing-masing kelas terdiri atas 40 orang siswa. Salah satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode praktikum kimia konvensional dan satu kelas yang lain sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan metode praktikum kimia hijau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktikum kimia hijau lebih efektif daripada metode praktikum konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: praktikum kimia hijau, praktikum kimia konvensional, hasil belajar, laju reaksi
Redhana, I. W. (2017). Green Chemistry Practicum to Enhance Students’ Learning Outcomes on Reaction Rate Topic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3). https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.13062
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.