PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT BERBASIS LOCAL WISDOM KABUPATEN PURWOREJO

Wahyu Trias Wulandari, Mundilarto Mundilarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan dan menghasilkan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom Kabupaten Purworejo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom Kabupaten Purworejo, (3) mendeskripsikan peningkatan nilai karakter siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom Kabupaten Purworejo, and (4) Mendeksripsikan keefektifan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament  berbasis local wisdom  Kabupaten Purworejo  yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D, antara lain define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter dengan efektif. Hal ini ditunjukkan berdasarkan penilaian expert judgment serta N-Gain yang mendukung serta adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan nilai karakter yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, pembelajaran fisika, active learning, learning tournament, local wisdom, kemampuan pemahaman konsep, nilai karakter.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Printed ISSN (p-ISSN): 0216-1370 
Online ISSN (e-ISSN): 2442-8620
 

Our Journal has been Indexed by:

 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter