PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KLINIS BERBASIS INFORMASI DAN TEKNOLOGI

Rugaiyah Rugaiyah,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangakan model supervisi klinis berbasis informasi dan teknologi,  metode yang digunakan adalah reseacrh dan development (R&D),  meliputi tahap: research and information collecting,  planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing. main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dissemination and implementation

 Temuan Hasil penelitian berdasarkan tahapan R&D: pertama berdasarkan kajian konsep  model supervsi klinis dikembangkan berbasis konsep yang dikemukakan Glickman yang mengemukakan lima tahap supervise kilinis yaitu: (1) pra konferensi dengan guru; (2) observasi kelas;(3) analisis interpretasi observasi dan menetapkan pendekatan konverensi; (4) pertemuan yang dilakukan setelah melakukan observasi; (5) Melakukan kritik empat langkah Kelima tahapan tersebut dilakukan dengan memanfaat informasi dan teknologi.   Ke dua persepsi atau pemahaman guru, kepala sekolah tentang supervisi klinis belum tuntas.  Ke tiga mengembangkan panduan supervisi klinis berbasis  informasi dan teknologi sebagai terobosan untuk memandu guru meningkatkan kompetensi  mengajarnya dan  pihak yang terlibat melaksanakan supervisi klinis berbasis informasi dan teknologi.

 

Kata Kunci: supervisi klinis, informasi dan teknologi, kompetensi guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter