STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mengajarkan materi trigonometri bagi siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Wedi dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Wedi, sedangkan objeknya adalah pembelajaran materi trigonometri pada mata pelajaran matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur melalui alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi trigonometri yang diberikan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi trigonometri dalam kelompok kecil dengan cara mengaktifkan siswa dapat meningkatkan penguasaan materi dari 71,43% pada siklus I menjadi 89,29% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan untuk mengajarkan materi trigonometri dalam pembelajaran kelompok kecil dengan teknik mengaktifkan siswa dengan tanya jawab dan diskusi karena strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran trigonometri.
Keywords
Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Aktif; Efektivitas; Trigonometri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i3.30942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: