Perbandingan Metode Exponential Smoothing dan Moving Average dalam Peramalan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kota Blitar

Endah Setyowati, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia

Abstract


Analisis deret berkala (times series) merupakan salah satu model atau teknik peramalan yang banyak dilakukan dalam berbagai bidang, di antaranya analisis deret berkala pada retribusi pengujian kendaraan bermotor. Peramalan dalam retribusi pengujian kendaraan bermotor diperlukan untuk mengetahui apakah bulan selanjutnya dapat memenuhi target atau tidak. Karena besarnya retribusi pengujian kendaraan bermotor menggambarkan besar kas Dinas Perhubungan, yang dijadikan acuan penyelenggaraan rencana program-program penunjang sektor lain. Pada penelitian ini dilakukan peramalan data retribusi pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kota Blitar dengan metode exponential smoothing dan moving average yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektivitasan kedua metode tersebut dalam meramalkan retribusi pengujian kendaraan bermotor. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode yang sesuai untuk meramalkan jumlah retribusi pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kota Blitar adalah metode single exponential smoothing  dengan peramalan jumlah retribusi pengujian kendaraan bermotor pada bulan September 2020 sebesar Rp. 49.995.278.


Keywords


peramalan; exponential smoothing; moving average; pengujian kendaraan bermotor

Full Text:

PDF

References


Wardhani, A. R. (2010). Studi analisis peramalan dengan metode deret berkala. Widya Teknika, 18(2), 1-6.

Raharja, A. (2010). Penerapan metode exponensial smoothing untuk peramalan penggunaan waktu telepon pada PT. Telkomsel Divre3 Surabaya. Skripsi. Institut Sepuluh Nopember Surabaya.

Prastiwi. I. (2018). Forecasting jumlah penerimaan pajak penghasilan pasal 21 tahun 2018 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat dengan metode eksponensial smoothing. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Yuniastari, N. L. A. K., & Wirawan, I. W. W. (2014). Peramalan permintaan produk perak menggunakan metode simple moving average dan exponential smoothing. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 9(1), 97-106.

Faisol, F., & Aisah, S. (2016). Penerapan metode exponential smoothing untuk peramalan jumlah klaim di BPJS Kesehatan Pamekasan. Jurnal Matematika" MANTIK", 2(1), 46-51.

Rismawanti, Y., & Darsyah, M. Y. (2018). Perbandingan peramalan metode moving average dan exponential smoothing holt winter untuk menentukan peramalan inflasi di indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1)., pp. 330-335.

Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi pengujian kendaraan bermotor. Public Administration Journal of Research, 1(4), 274-291.

Adnan, A. B., Subroto, S., & Putro, S. (2019). Analisis karakteristik pembakaran langsung (Co-Combustion) arang kayu dan daun cengkeh sisa destilasi minyak atsiri dengan variasi komposisi. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 19(2), 55-65.

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabiru Press.

Bawono, A., & Shina, A. F. I. (2018). Ekonometrika terapan. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsd.v11i1.44391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta


Printed ISSN (p-ISSN): 2085-9872
Online ISSN (e-ISSN): 2443-1273

Indexer:
     

Creative Commons License
 
Jurnal Sains Dasar  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Free counters!
 
View My Stats