Pemanfaatan limbah bonggol pisang sebagai bahan baku pembuatan bioetanol

Sunarto ',
Sulistyani ',
Siti Marwati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai jenis substrat bonggol pisang terhadap hasil bioetanol dan untuk mengetahui Jenis bonggol pisang yang menghasilkan bioetanol yang terbaik  dan mengetahui ada tidaknya pengaruh jenis bonggol pisang terhadap kadar bioetanol.

Sebanyak  0,5 kg substrat bonggol pisang Kepok,Raja dan Batu dihaluskan dan dikukus selama  30 menit. Setelah dingin masing masing ditambahkan 3 gram Ragi NKL dan dilakukan fermentasi selama 4 hari. Hasil fermentasi diambil sebanyak 1  ml dan dilakukan analisis menggunakan unit Micro Conway Difussion untuk menentukan kandungan bioetanolnya. Hasil analisis dilakukan uji Anava satu jalur untuk menentukan ada tidaknya pengaruh jenis substrat bonggol pisang terhadap kadar bioetanol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bonggol pisang Raja memberikan hasil bioetanol terbaik yaitu 0,5 % dan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan berbagai jenis substrat bonggol pisang terhadap hasil bioetanol. Hasil uji statistik  menunjukkan F hitung < dari F table pada taraf signifikan 5 %.

 

Kata kunci: bioetanol, micro conway difussion


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jsd.v2i1.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)


Printed ISSN (p-ISSN): 2085-9872
Online ISSN (e-ISSN): 2443-1273

Indexer:
     

Creative Commons License
 
Jurnal Sains Dasar  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Free counters!
 
View My Stats