Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK

Sulihin B Sjukur,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan pembelajaran blended learning dibanding siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa akibat penerapan pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini quasi experiment. Populasi penelitian adalah sebanyak 62 siswa dilakukan secara random assignment. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan angket. Data yang diperoleh dianalisis serta diuji dengan statistik parametrik uji F dan uji t. Hasilnya sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar pembelajaran blended learning dibandingkan siswa yang diajar pembelajaran konvensional dengan nilai sig. 0,012 dengan rata-rata 4,74 dan terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai sig. 0,000 dengan rata-rata 13,39. 2) Ada peningkatan motivasi belajar siswa akibat penerapan pembelajaran blended learning dengan nilai sig. 0,000 rata-rata peningkatan 13,55 dan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai sig. 0,000 rata-rata peningkatan 38,23.

 

THE EFFECTS OF BLENDED LEARNING ON THE LEARNING MOTIVATION AND ACHIEVEMENT STUDENTS LEVEL SMK

Abstract

This research is aimed to: 1) find out the difference in learning motivation and learning achievement of the students taught using blended learning compared to those taught using conventional learning, 2) find out the improvement in learning motivation and learning achievement of the students due to blended learning application. The research type used is quasi-experiment research. The population of this research students which comprised of 62 students. To determine a random assignment. The data collection techniques used are written test and questionnaire. The data gathered was then analyzed and tested by using the F-test and t-test parametric statistics. The results are as follows. 1) There is a difference in learning motivation of the students taught using blended learning compared to those taught using conventional learning with the sig. 0.012 with the average 4.74 and there is a difference in learning achievement of the students with the sig 0.000 with the average 13.39. 2) there is an improvement in learning motivation of the students due to blended learning application with the sig. 0.000 with the average 13.55 and there is an improvement in learning achievement of the students with the sig. 0.000 with the average 38.23.


Keywords


blended learning; LMS; TKJ; learning otivation; learning achievement

Full Text:

PDF

References


Bersin, J. (2004). The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies, and Lessons Learned. San Francisco: Pfeiffer Publishing.

Brophy, J. (2010). Motivating Students to Learn (3rd ed.). New York: Routledge.

Cepi Riyana. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran: Blended Learning. Artikeltik, 21-24. Retrieved October 13, 2011, from http://kurtek.upi.edu/tik/content/blended.pdf.

Cole, J., & Foster, H. (2008). Using Moodle (2nd ed.). California: O’Reilly Media, Inc.

Creswell, J.W. (2011). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi Ketiga. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2009)

Daniels, H. (2005). An Introduction to Vygotsky (2nd ed.). New York: Routledge.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Depdiknas. (2008). SK Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 251/C/KEP/MN/2008, tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dit.PSMK. (2009). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) Teknik Komputer dan Informatika. Retrieved October 19, 2011, from ftp://124.81.109.86/Pembelajaran/Kurikulum/SKKD/SMK/SKKD/.

Dit.PSMK. Dit.Men. (2011). Garis-Garis Besar Program Pembinaan SMK Tahun 2011. Draft Rencana Strategis Direktorat Pembinaan SMK Tahun 2010–2014.

Frey, B.A., & Sutton, J.M. (2010). A model for developing multimedia learning projects. Merlot Journal of Online Learning and Teaching, 6(2), 491. Retrieved October 13, 2011, from http://jolt.merlot.org/vol6no2/frey_0610.pdf.

Hasibuan, Z.A. (2006, September 9–11). Integrasi Aspek Pedagogi dan Teknologi dalam E-Learning: Studi Kasus Pengembangan E-Learning di Fakultas Ilmu Komputer, UI. Paper presented at Seminar Teknologi Pendidikan ke-19, Lengkawi, Kedah, Malaysia. Retrieved October 13, 2011, from http://kambing.ui.ac.id/onnopurbo/library/library-ref-ind/ref-ind2/application/education/Integrasi%20Aspek%20Pedagogi%20dan%20Teknologi%20v3.doc.

Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Research Study. PhD Thesis, unpublished, University of Salford, Manchester. Retrieved October 13, 2011, from http://usir.salford.ac.uk/1653/1/Heinze%20%282008%29%20blended%20e-learning.pdf.

Heinze, A., & Procter, C. (2004, September 13–14). Reflections on the Use of Blended Learning. Education in a Changing Environment Conference Proceedings: Education Development Unit. University of Salford, Manchester. Retrieved October 13, 2011, from http://www.ece.salford.ac.uk/proceedings/papers/ah_04.rtf.

Herman Dwi Surjono. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Johnson, R.L., Penny, J.A., & Gordon, B. (2009). Assessing Performance: Designing, Scoring, and Validating Performance. New York: The Guilford Press.

Jonathan Sarwono. (2009). Statistik Itu Mudah: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputansi Statistik menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Maslow, A.H. (1954). Motivation and Personality. New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. (Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 1999).

Mihai, A., & Christova, A. (2011). Teaching European Studies: A Blended Learning Approach. Institute for European Studies (IES) - Vrije Universiteit Brussel (VUB). Belgium. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 6(4), 1-2. Retrieved October 10, 2011, from http://euce.org/eusa/2011/papers/9d_2mihai.pdf.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sansone, C., Judith, M., & Harackiewicz. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivation: The Search for Optimal Motivation and Performance. San Diego: Academic Press.

Siahaan, S. (2008). Mengapa Harus Menggunakan E-Learning dalam Kegiatan Pembelajaran?. Jurnal Teknodik, 12(1), 43-54. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Singgih Santoso. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Siregar, S. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Edisi Kedelapan, Jilid Pertama. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: PT Index. (Original work published 2006)

Slavin, R.E. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Edisi Kedelapan, Jilid Kedua. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: PT Index. (Original work published 2006)

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaad Patmanthara. (2006, December). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pengembangan Pembelajaran Melalui Web Sekolah. Jurnal Teknodik, 19(x), 56-67. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Thorne, K. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page Publishers.

Wahyudi. (2011, November 1). Naik 13 Juta, Pengguna Internet Indonesia 55 Juta Orang. Retrieved May 13, 2012, from http://tekno.kompas.com/read/2011/10/28/16534635/Naik.13.Juta..Pengguna.Internet.Indonesia.55.Juta.Orang.

Wasis Dwiyogo. (2012, May 8). Blended Learning: Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Retrieved May 13, 2012, from http://id.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning.

Wiersma, W. (1995). Research Methods in Education: An Introduction (6th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Wikipedia. (2012, May 10). Program Pembelajaran Elektronik: Learning Management System. Retrieved May 13, 2012, from http://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System.

Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wina Sanjaya. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats