PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KESEGARAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.21831/pep.v12i2.1432Keywords:
problem based learning, diskusi kelompokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, mengurangi kesalahan penguasaan konsep pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian tindakan kelas pendekatan problem based learning berlangsung selama tiga siklus. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Pendidikan Kesegaran Jasmani Program Studi D2-PGSD Penjaskes, Jurusan POR FIK-UNY, pada semester genap tahun ajaran 2007/2008. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan, pemahaman materi, prestasi belajar, dan kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas individu.
Kata kunci: problem based learning, diskusi kelompok
References
Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri (self motivated learning). Solo: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS.
Savoi, J.M.dan Hughes, A.S. (1994). Problem Based Learning as Classroom Solution. Educational Leadership. November 1994, pp.54-57.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suparman, A.(2002). Active learning, greating excitement in the classrom. www.udel/cte/tabook/patric/htm.
Suparno.(2005). Miskonsepsi dan perubahan konsep pendidikan fisika. Jakata: PT. Grafindo.
Pannen, P. (2001). Kontruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti. Departemen Pendidikan Nasional.
Wagiran.(2007).Peningkatan keaktifan mahasiswa dan reduksi miskonsepsi melalui pendekatan problem based learning. Laporan Penelitian. Yogyakarta:UNY.
Wilson B.G. & Cole,P.(1996). Cognitif Teaching Models. In Jonassen, H.H. (ed.)Hanbook of Reshearch for Educational, Communication and Technology. New York: Macmilan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright transfer agreement form can be downloaded here: [JPEP Copyright Transfer Agreement Form]
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jurnalhepi@uny.ac.id
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.