Is hidrorium able to improve the students’ critical thinking skills?
Ali Mustadi, Department of Primary Education, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Adnyana, G. P. (2012). Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada model siklus belajar hipotetis deduktif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/JPPUNDIKSHA.V45I3.1833
Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10–23. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Desmita, D. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Rosdakarya.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf
Finken, M., & Ennis, R. H. (1993). Illinois critical thinking essay test. University of Illionis.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(01), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a
Hadi, P. (2016). Konsep prototype integrated verticulture aquaponic city farming di Kampung Batik Surakarta. Seminar Nasional & Call For Paper DIES NATALIS XXXIII Universitas Islam Batik Surakarta, 131–141.
Hidayat, N. (2017). Peningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang melalui penerapan scientific approach kelas V Semester 2 di SDN 6 Dawuhan Situbondo tahun ajaran 2013/2014. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(1), 7–10. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i1.114
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer . https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857
Kurniawati, I. D. (2018). Penerapan pembelajaran peer instruction berbantuan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 1(1), 120–124. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/873
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Mustadi, A., Fauzani, R. A., & Rochmah, K. (2018). Landasan pendidikan sekolah dasar. UNY Press.
Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Oktaviani, W. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Putra, I., Pamukas, N. A., & Rusliadi, R. (2013). Peningkatan kapasitas produksi akuakultur pada pemeliharaan ikan selais (Ompok sp) sistem aquaponik. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/jpk.18.1.1-10
Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas 4 SD melalui model pembelajaran discovery learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8–13. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927
Rumini, R., & Wardani, N. S. (2016). Upaya peningkatan hasil belajar tema berbagai pekerjaan melalui model discovery learning siswa kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati semester 1 tahun ajaran 2014-2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 19–40.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media. https://doi.org/2008
Santoso, B., & Arfianto, A. D. (2014). Sistem pengganti air berdasarkan kekeruhan dan pemberi pakan ikan pada akuarium air tawar secara otomatis berbasis mikrokontroler Atmega 16. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Informasi ASIA, 8(2). https://www.jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/173
Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393
Vikagustanti, D. A., Sudarmin, S., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan media pembelajaran monopoli IPA tema organisasi kehidupan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3330
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.28946
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Prima Edukasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |