PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN IMAJINASI SOSIOLOGI

Poerwanti Hadi Pratiwi, UNY, Indonesia
Nur Hidayah, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sosiologi dengan pendekatan imajinasi sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (4-D model), yang dimodifikasi menjadi 3-D model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan pada hasil validasi ahli dan hasil uji coba terbatas yang sesuai dengan pendekatan imajinasi sosiologi, sehingga telah teruji secara teoritis dan empiris.

 


Keywords


perangkat pembelajaran; imajinasi sosiologi; pembelajaran sosiologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats