PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN IMAJINASI SOSIOLOGI

Authors

  • Poerwanti Hadi Pratiwi UNY
  • Nur Hidayah UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9575

Keywords:

perangkat pembelajaran, imajinasi sosiologi, pembelajaran sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sosiologi dengan pendekatan imajinasi sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (4-D model), yang dimodifikasi menjadi 3-D model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan pada hasil validasi ahli dan hasil uji coba terbatas yang sesuai dengan pendekatan imajinasi sosiologi, sehingga telah teruji secara teoritis dan empiris.

 

Downloads

Published

2016-07-21

How to Cite

Pratiwi, P. H., & Hidayah, N. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN IMAJINASI SOSIOLOGI. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 56–68. https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9575

Issue

Section

Artikel