REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Authors

  • Pramudya Dwi Aristya Putra FKIP Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti FKIP Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7187

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media real life video evaluation dengan sisteme-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa ï¬ sika. Penelitian merupakanpengembangan (Research and Development) dengan metode Analysis, Design, Development,Implimentation and evaluastion (ADDIE). Indikator keterampilan berpikir kritis mahasiswa mencakupinterpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengantampilan, konteks dan aspek media tersebut. Sedangkan implentasi diberikan kepada 45 mahasiswaPendidikan Fisika FKIP Universitas Jember yang mengikuti Mata Kuliah Fisika Sekolah I. Instrumenyang digunakan adalah lembar dokumentasi, penilaian digital literasi, lembar validasi, lembarobservasi, pre-test dan post test. Hasil yang didapatkan adalah media yang dikembangkan dalamkatagori baik sehingga cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir krtitis mahasiswaï¬ sika.

Downloads

Published

2015-06-11

How to Cite

Putra, P. D. A., & Sudarti, S. (2015). REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7187

Issue

Section

Artikel