MODEL MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRAINING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK

Authors

  • Paryanto Paryanto FT UNY
  • Arianto Leman Soemawidagdo FT UNY
  • Sunarso Sunarso FIS UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.2262

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan adalah: (1) menghasilkan seperangkat prosedur/tahapan model pembelajaran CBT berbasis karakter; (2) mengetahui tingkat keterlaksanaan proses integrasi aspek karakter melalui model pembelajaran CBT berbasis karakter. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development dengan tahapan: (1) studi pendahuluan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan; (2) penyusunan model konseptual; (3) melakukan validasi model melalui kegiatan FGD; (4) merevisi model konseptual; (5) uji coba model konseptual. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah: (1) tahapan dalam pembelajaran CBT berbasis karakter adalah eksplorasi aspek karakter terkait dengan karakter kerja praktik, grouping, diskusi penyusunan work preparation sheet, pelaksanaan praktik disertai dengan pendampingan dan pembimbingan, proses assessment; (2) berdasarkan hasil uji coba yang telah dilaksanakan, tingkat keterlaksanaan proses integrasi aspek karakter melalui model pembelajaran CBT berbasis karakter adalah 5% belum terlaksana, 12% terlaksana belum konsisten, 16% terlaksana dengan konsisten, dan 70% telah membudaya

Downloads

Published

2013-12-06

How to Cite

Paryanto, P., Soemawidagdo, A. L., & Sunarso, S. (2013). MODEL MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRAINING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2). https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.2262

Issue

Section

Artikel