HUBUNGAN STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MAHASISWA

Cerika Rismayanthi, FIK UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi hasil belajar mahasiswa yang tinggal di wisma olahraga FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu status gizi dan kebugaran jasmani, serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar mata kuliah praktik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tinggal di wisma Olahraga FIK UNY. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi IKORA yang tinggal di Wisma Olahraga FIK UNY, yang berjumlah 23 orang.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan (p>0,05) antara status gizi dengan prestasi hasil belajar mahasiswa Wismor FIK UNY. Ada hubungan yang signifikan (p<0,05) antara kebugaran jasmani dengan prestasi hasil belajar mahasiswa Wismor FIK UNY. Ada hubungan yang signifikan (p>0,05) antara status gizi dan kebugaran jasmani dengan prestasi hasil belajar mahasiswa Wismor FIK UNY. Kebugaran jasmani memberikan kontribusi paling besar terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 28,68%; sedangkan status gizi sebesar 10,32%


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats