PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS DESKRIPTIF UNTUK SISWA SMP/MTs

Erma Riana, PPs UNY, Indonesia
Abdul Gafur, Fakultas Ilmu Sosial UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick & Carey yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektivitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, glossary, evaluasi, dan games, (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran; (3) efektivitas pengembangan produk termasuk dalam kategori tinggi.

Keywords


pengembangan multimedia; pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Erma Riana, Abdul Gafur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics