Dinggo Sedaya Website: Inovation in digital learning resources for early children's education

Shafira Nurulita Salehuddin, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Yudithia Dian Putra, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nur Anisa, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Sumber pembelajaran digital bertujuan sebagai wadah atau kemungkinan referensi yang digunakan dukungan hingga mengembangkan perangkat pembelajaran yang ada. Terlepas dari itu, kemajuan teknologi saat ini menjadikan sumber studi menjadi salah satu wadah yang dapat meningkatkan kompetensi literasi digital bagi pengguna. Penguasaan keterampilan teknologi menjadi kunci dalam pemanfaatan teknologi digital. Namun, sangat disayangkan jika sumber pembelajaran digital tidak dimanfaatkan dengan baik karena keterbatasan keterampilan menggunakan teknologi khusus dalam pembelajaran. Selain itu, minim sumber pembelajaran digital untuk pendidikan anak usia dini menjadi salah satu batasan dalam penyesuaian sumber pembelajaran digital bagi guru PAUD. Pelajari tujuan ini sendiri Untuk digunakan membuat produk website yang efisien, efektif, dan menarik Untuk dijadikan sumber pendidikan pembelajaran digital mendalam usia anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan pengisian kuesioner. Studi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan desain ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website DINGGO SEDAYA layak digunakan sebagai sumber pendidikan deep digital learning anak usia dini. Berdasarkan hasil validitas dan kelayakan, website DINGGO SEDAYA valid dan sesuai digunakan. Implikasi dari kajian inilah yaitu website DINGGO SEDAYA yang dapat diakses oleh guru sebagai sumber pembelajaran digital untuk pengembangan perangkat pembelajaran dan peningkatan kompetensi literasi digital guru PAUD.

Keywords


DINGGO SEDAYA Website; Learning Resources; Early Childhood Education

References


Affiifi, M. A. A. H. S. (2015). Kajian Teori Sumber Belajar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8–39.

Akbar, sa’dun. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. 26–29.

Anisa, N., Robbaniyah, I., Sutama, I. W., & Astuti, W. (2023). The Effect of Educational Qualifications and Teacher Professional Education Program on the Digital Literacy Skills of Early Childhood Educators. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7123–7130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5589

Fadhila, P. D., & Firdaus, M. A. (2023). Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting Jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 3, 289–297. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i4.2800

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Hernawati. (2017). 124804-ID-proses-pembelajaran-anak-usia-dini-beror. Proses Pembelajaran Anak Usai Dini Berorientasi Perkembangan.

Ihramsyah, & Yasin, V. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan. Jurnal Widya, 4(1), 117–139. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl

Ismawan, F., Isnain, N., & Raharjo, R. A. (2020). Pemanfaatan Website Berbasis CMS - Wordpress Sebagai Media Pembelajaran Guru Tk Binakheir Cibinong – Bogor. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 68–77. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/4271

Juniarti, Y., & Gustina, E. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 17. https://doi.org/prefix 10.30734

Khwaja, A., Du, P. Z., & DeSilva, G. L. (2020). Website evaluation for shoulder and elbow fellowships in the United States: an evaluation of accessibility and content. JSES International, 4(3), 449–452. https://doi.org/10.1016/j.jseint.2020.04.011

Kurniawan, P. C. (2021). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pelaporan Informasi Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus LAZ di Pekalongan). 2, 11.

Maya. (2019). Memahami Use Case Diagram Dalam Sistem Informasi Akuntansi. Bina Nusantara. https://accounting.binus.ac.id/2019/10/03/memahami-use-case-diagram-dalam-sistem-informasi-akuntansi/

Plab.id. (2023). Menyampaikan Pesan Melalui Multimedia: Menggabungkan Gambar, Audio, dan Video pada Desain Website. https://www.plabs.id/journal/menyampaikan-pesan-melalui-multimedia-menggabungkan-gambar-audio-dan-video-pada-desain-website-1

Pratiwi, I. A., & Watini, S. (2022). Penerapan Perpustakaan Digital Tv Sekolah Sebagai Media Belajar Elektronik Di Tk Islam Al-Amanah Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 195–205. http://bit.ly/2fRwNoY.

Putra, Y. D. (2022). Kepemimpinan Kepala PAUD dalam Pembinaan Profesional Guru. Jurnal Eksekutif, 19(01), 120–124. https://doi.org/10.60031/jeksekutif.v19i01.310

Sa`ad, M. I. (2020). Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Elex Media Komputindo.

Setianto, H. A., & Arifin, A. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) VII, 54, 54–65.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Sutriana, T., & Ripai, I. (2022). Pengembangan Platform Materimu Berbasis Website Menggunakan Cms Sebagai Sumber Belajar Dalam Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Tkj Smk Muhammadiyah 2 Kuningan. ICT Learning, 6(2). https://doi.org/10.33222/ictlearning.v6i2.2754

Wijaya, B. H., Anggun, D., Prasetiyo, L., & Asyiqin, A. D. (2022). Analisis Penggunaan Website Sebagai Media Komunikasi Efektif : Studi Kasus Website bankziska.org. Journal of Islamic Philanthropy and Disaster (JOIPAD), 2(1), 98–117. https://doi.org/10.21154/joipad.v2i1.4807

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, Setyonegoro, A., & Priyanto. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(1), 1–5.

Wulandari, R. T., Anisa, N., & Rochmawati Noerarini, N. (2019). Competency Study of Teacher’s Professionalism in Dancing Learning for Early Childhood. 285(Icet), 182–185. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.34

Yustiani, L., & Rahayu, V. (2022). Komunikasi Menggunakan Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Benar. DIKBASTRA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(2), 1–11. https://online-journal.unja.ac.id/dikbastra/article/view/20005

Zyuro, H. S. N., & Komalasari, D. (2020). Analisis Masalah Kompetensi Pedagogik Guru Paud Tersertifikasi Di Kecamatan Lamongan. Jurnal PAUD Teratai Volume 9 Nomor 1 Tahun 2020. PAUD Teratai, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i4.76097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shafira Nurulita Salehuddin, Yudithia Dian Putra, Nur Anisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics