Mixed Reality Edukasi Pengenalan Bioma dengan Metode Occlusion Detection dan Algoritma FAST Corner Detection

Rizki Akbar Mahdafiki, Universitas Nasional, Indonesia
Fauziah Fauziah, Universitas Nasional, Indonesia
Ratih Titi Komala Sari, Universitas Nasional, Indonesia

Abstract


Disebabkan cepatnya perkembangan teknologi yang terjadi, secara tidak langsung mempengaruhi banyak bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Untuk membuat sistem pembelajaran menjadi lebih interaktif, dibuatlah sebuah aplikasi dengan mengimplementasikan teknologi  Mixed Reality (MR), yang merupakan hasil kombinasi Virtual Reality (VR) dengan Augmented Reality (AR). Penelitian ini mengimplementasikan teknologi Mixed Reality untuk media edukasi tentang jenis serta karakteristik bioma berbasis android yang memanfaatkan teknologi 3D sebagai objek pembelajarannya. Pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual, dan untuk memunculkan objek virtual dibutuhkan sebuah marker sebagai penanda dari objek virtual.  Algoritma FAST Corner Detection akan memindai marker untuk menentukan titik tengah gambar pada marker. Agar mendapatkan hasil yang lebih nyata dan interaktif digunakan metode Occlusion Detection, sehingga objek virtual dapat berinteraksi langsung dengan pengguna aplikasi. Aplikasi telah diuji pada perangkat dengan versi sistem operasi android yang berbeda-beda, yaitu Nougat (7.0) hingga R (11.0) dimana hasil pengujian jarak terhadap marker bervariasi, mulai dari jarak terdekat sebesar 10 cm hingga terjauhnya yaitu 240 cm hingga 300 cm. Juga hasil pengujian sudut kemiringan terhadap marker, batas maksimal sudut kemiringan marker dapat dipindai adalah sebesar 80°. Waktu respon Mixed Raeality pun diuji dengan cara menghitung lama waktu munculnya objek virtual saat pertama kali kamera memindai marker, yang menghasilkan waktu 0,5 detik.

Keywords


Algoritma FAST Corner Detection; Edukasi Bioma; Metode Natural Feature Tracking; Metode Occlusion Detection; Mixed Reality

Full Text:

PDF

References


Abdillah, G. Y., Andryana, S., & Iskandar, A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer Dengan Fast Corner Dan Natural Feature Tracking. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 79. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1767

Alkodri, A., Harrizki, & Suharno. (2020). Penerapan Algoritma Surf Pendeteksi Objek Pada Augmented Reality Berbasis Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 6(2), 240–249. https://doi.org/10.35957/jatisi.v6i2.217

Altinpulluk, H. (2019). Determining the trends of using augmented reality in education between 2006-2016. Education and Information Technologies, 24(2), 1089–1114. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9806-3

Chandel, H., & Vatta, S. (2015). Occlusion Detection and Handling: A Review. International Journal of Computer Applications, 120(10), 33–38. https://doi.org/10.5120/21264-3857

Cheng, J. C. P., Chen, K., & Chen, W. (2020). State-of-the-Art Review on Mixed Reality Applications in the AECO Industry. Journal of Construction Engineering and Management, 146(2), 03119009. https://doi.org/10.1061/(asce)co.1943-7862.0001749

Gunawan, G., & Putra, A. A. (2020). PemanfaatanTeknologi Augmented Reality Edukasi Pengenalan Hewan Vivipar Ovipar Dan Ovovivipar Bagi Siswa Sekolah Dasar. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 3(3), 137–148. https://doi.org/10.36085/jsai.v3i3.1157

John, B., & Kurian, J. (2019). Making the World a Better Place with Mixed Reality in Education. Australasian Conference on Information Systems, 344–354.

Memoriano, E. (2020). Augmented Reality and Global Positioning System (GPS) for Indoor and Outdoor Navigation using Features from Accelerated Segment Test (FAST) Corner Detection Algorithm and A-Star Algorithm. Journal of Advances in Informations System and Technology, 2(1), 31–36.

Pangestu, D. A., Fauziah, & Hayati, N. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Mengenai Lapisan Atmosfer Menggunakan Algoritma Fast Corner. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 67–78. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1759

Pramono, H. D. (2018). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile. Journal of Information and Technology, 6(1), 13.

Setyawan, B., Rufi’i, R., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality in Science Learning for Elementary School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.

Wahyudi, A. K., Utama, E. S., & Ngantung, R. R. (2019). Alat Peraga Mixed Reality untuk Pembelajaran Anatomi Otak Manusia dengan Interaksi Occlusion Detection. CogITo Smart Journal, 4(2), 337. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.140.337-347

Wahyudi, N., Harianto, R. A., & Setyati, E. (2019). Augmented Reality Marker Based Tracking Visualisasi Drawing 2D ke dalam Bentuk 3D dengan Metode FAST Corner Detection. JOURNAL OF INTELLIGENT SYSTEMS AND COMPUTATION, 1(1), 9–18.

Weng, C., Rathinasabapathi, A., Weng, A., & Zagita, C. (2019). Mixed Reality in Science Education as a Learning Support: A Revitalized Science Book. In Journal of Educational Computing Research (Vol. 57, Issue 3). https://doi.org/10.1177/0735633118757017

Yilmaz, R. M. (2018). Augmented Reality Trends in Education between 2016 and 2017 Years. State of the Art Virtual Reality and Augmented Reality Knowhow. https://doi.org/10.5772/intechopen.74943

Yusuf, M., Fauziah, F., & Gunaryati, A. (2021). Teknologi Mixed Reality Pada Aplikasi Tuntunan Shalat Maghrib Menggunakan Algoritma Fast Corner Detection Dan Lucas Kanade. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 82–93. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1905




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.46320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizki Akbar Mahdafiki, Fauziah Fauziah, Ratih Titi Komala Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics