Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital

Dewi Ambarwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Udik Budi Wibowo, (Scopus: 57216565481) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hana Arsyiadanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Susanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan yang berusaha menggambarkan peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Pada penelitian ini, penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan kajian pada penelitian ini. Studi literatur ini fokus pada peran inovasi pendidikan, teknologi digital pada pendidikan, dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Hasil studi menunjukkan bahwa inovasi merupakan proses pembaruan dan perubahan. Dunia pendidikan memerlukan inovasi untuk terus berkembang dan dapat mengikuti perkembangan bidang lainnya. Penggunaan teknologi memberikan dampak positif dan negatif. Dampak yang ditimbulkan dapat difokuskan pada hal positif dan meminimalisir dampak negatif jika ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak agar penggunaan teknologi sesuai tujuannya. Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital sangatlah penting. Inovasi dibutuhkan agar pemanfaatan teknologi digital bisa dilakukan secara optimal dan menyeluruh. Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat dapat mendukung dan melakukan kerjasama untuk mengoptimalkan berbagai inovasi pendidikan yang berbasis teknologi digital. Kehadiran teknologi saat ini, harapannya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak seperti guru dan pelaku pendidikan lainnya.

Literature study: The role of educational innovation in digital technology-based learning

Abstract

This study is a literature study with descriptive qualitative research type with a literature review that seeks to describe the role of educational innovation in digital technology-based learning. In this study, the authors used various written sources such as articles, journals, and documents relevant to this study's study. This literature study focuses on the role of educational innovation, digital technology in education, and the use of technology in education. The study results show that innovation is a process of renewal and change. The world of education requires innovation to continue developing and keep up with developments in other fields. The use of technology has both positive and negative impacts. The resulting impact can be focused on positive things and minimizing negative impacts if there is good cooperation from various parties so that the use of technology is suitable for its purpose. The role of educational innovation in digital technology-based learning is very important. Innovation is needed so that the use of digital technology can be done optimally and thoroughly. It is hoped that all elements of society can support and collaborate to optimize various educational innovations based on digital technology. With the current technology, it is hoped that all parties like teachers and others can make good use of it.


Keywords


Digital technology; education innovation; technology utilization

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewi Ambarwati, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, Sri Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics