Pengembangan alat ukur supervisi klinis berbasis mobile phone dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
Deni Setiawan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sulhadi Sulhadi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Aprianus Umbu Zogara, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah alat ukur supervisi klinis berbasis mobile phone yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk menilai profesionalitas atau kinerja guru dalam rangka peningkatan kualitas pen-didikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Mardapi dengan 7 langkah pengembangan. Validitas yang dinilai meliputi validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas instrumen. Pengujian validitas isi menggunakan formula Aiken yang dihitung berdasarkan penilaian para ahli, validitas konstruk menggunakan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan reliabilitas isi menggunakan perhitung-an Intraclass Coefficient Correlation (ICC), sedangkan reliabilitas konstruk menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil uji coba lapangan berdasarkan hasil analisis faktor terdapat beberapa butir pernyataan yang valid dengan nilai Loading Factor > 0,5. Aspek dengan butir pernyataan yang valid meliputi tahapan Persiapan dengan 5 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,640, tahapan kegiatan pembelajaran dengan 23 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,962, dan tahapan penutup dengan 4 pernyataan dan nilai Alpha sebesar 0,680.
Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Supervisi Klinis
Development of clinical supervision measures based on mobile phone in the term of improving quality of education
Abstract
This study aims to develop a valid and reliable android-based clinical supervision measurement tool so that it can be used by school principals to assess the professionalism or performance of teachers in order to improve the quality of education. This research is development research with the development model of Mardapi with 7 steps of development. The validity assessed included content validity, construct validity, and instrument reliability. Content validity testing uses expert judgment, construct validity using the Exploratory Factor Analysis (EFA) approach, and reliability using Cronbach Alpha. The results of field trials based on the results of factor analysis there are several valid statements with the value of Loading Factor> 0.5. Aspects with valid statement items include the stages of preparation with 5 statements and Alpha values of 0.640, stages of Learning Activities with 23 statements and Alpha values of 0.962, and closing stages with 4 statements and Alpha values of 0.680.
Keywords: Validity, Reliability, Clinic Supervision
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amani, L., Dantes, N., & Lesmawan, I. W. (2016). Implementasi supervisi klinis dalam rangka meningkatkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran pada guru SD Se-Gugus VII Kecamatan Sawan (Unpublished doctoral dissertation) Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia.
Asmani, J. M. (2012). Tips efektif supervisi pendidikan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Auliya, U. U., Thomas, P., & Latifah, L. (2012). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 8-13.
Daryanto, D. & Rachmawati, T. (2015). Supervisi pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Metode dan teknik supervisi. Jakarta.
Guntoro, D., Florentinus, T. S., & Rifai, A. (2016). Pengembangan model supervisi akademik berbantuan e-supervision berbasis webiste. Educational Management, 5(2), 122-128.
Jasmin, A., & Mustofa, S. (2016). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Juaini, M., Rusdarti, R., Sudana, M. (2017). Supervisi akademik berbasis pelayanan prima pada guru SMA di Kabupaten Lombok Timur. Educational Management, 5(1), 55-63.
Muslim, M. (2009). Supervisi pendidikan meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Bandung: Alfabeta.
Ndapaloka, V., Hardyanto, W., & Prihatin, T. (2016). Pengaruh supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan Kepala Sekolah melalui motivasi berprestasi sebagai mediasi terhadap kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende. Educational Management, 5(1), 42-54.
Nurcholiq, M. (2017). Supervisi Klinis. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-25. doi: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62
Polgar, S., & Thomas, S. A. (2000). Introduction to research in The Health Sciences. London: Churchill Livingstone/Harcourt Publishers Ltd.
Purwantoro, N. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Retnowati, T. H., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Suranto, S. (2017). Model evaluasi kinerja dosen: pengembangan instrumen untuk mengevaluasi kinerja dosen. Jurnal penelitian dan evaluasi Pendidikan, 21(2), 206-214. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.16626
Riyanto, A. (2015). model supervisi klinis berbasis “OJT” sebagai layanan peningkatan kompetensi guru melaksanakan evaluasi pembelajaran praktik produktif. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 2(1).
Rugaiyah, R. (2016). Rugaiyah, R. (2016). Pengembangan Model Supervisi Klinis Berbasis Informasi dan Teknologi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 421-431. Doi: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10429
Sagala, S. (2012). Supervisi pembelajaran dalam profesi kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Tatang, S. (2016). Supervisi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Widoyoko, W. (2016). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yildirim, A. (2013). Student teachers perceptions about their education supervisors role. Educational Research and reviews, 8(3), 112-120. Doi: https://doi.org/10.5897/ERR2012.1108
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.23378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 David Moto Lele, Deni Setiawan, Sulhadi Sulhadi, Aprianus Umbu Zogara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics