Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta

Lalu Wirya Artapati, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
C. Asri Budiningsih, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) perencanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013, (b) pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013, (c) penilaian hasil belajar Kurikulum 2013, dan (d) hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang seluruhnya dilaksanakan di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, siswa, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Data penelitian ini dianalisis secara terus-menerus sejak awal pengumpulan data. Pada prosesnya terdiri dari tiga tahapan yang saling terkait yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan. Pertama, RPP yang dikembangkan oleh guru-guru di SD Negeri Serayu Yogyakarta telah disusun dengan detail berdasarkan tema dan subtema tertentu yang mengacu pada silabus Kurikulum 2013. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru-guru meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Ketiga, penilaian hasil belajar yang dilakukan guru-guru di SD Negeri Serayu Yogyakarta antara lain menggunakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan, antara lain: tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengamatan sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Keempat, hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 antara lain: banyaknya materi namun alokasi waktunya sedikit, penilaian pembelajaran terlalu banyak yang mengakibatkan guru kerepotan.

Kata kunci: Kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran

 

LEARNING IMPLEMENTATION OF 2013 CURRICULUM AT SERAYU ELEMENTARY SCHOOL

Abstract

This study aimed to describe: (a) learning plan of 2013 curriculum, (b) learning implementation  of 2013 curriculum (c) final evaluation of 2013 curriculum's achievements, and (d) opposing and supporting factors in learning implementation of 2013 curriculum at Serayu elementary school. The involved participants were: principal, vice principal of curriculum,teachers, students, and student's parents. Data were collected through observation, in depth interview, and documentation. The validity of data was evaluated by persevering observation,data triangulation,and data checking. Data were evaluated continuously from the beginning. The procces of data collection consisted of three steps which were data reduction, data presentation,and drawing conclusion. This study reveals 4 things. First, lesson plans which are developed by teachers have been arranged in great detail according to certain themes and sub themes of 2013 curriculum's syllabus. Second, learning implementation  conducted by teachers were opening,main activity and closing. Third, teachers evaluate learning achievements using evalution of attitude, cognitive and motoric. The process of evaluation was tests and non test, written and oral examination, performance observation, attitude measurement, task evaluation, portofolio uses, and self evaluation. Fourth, the difficulty in conducting 2013 curriculum were: huge amount of matter not supported by time allocation, evaluation exhausted the teachers.

Keywords: 2013 curriculum, learning implementation

Keywords


Kurikulum 2013;pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

Fulltext PDF

References


Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstua ldalam pembelajaran abad21: kunci sukses implementasi Kurikulum2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2013).

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2013).

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan pendidikan: pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.13016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lalu Wirya Artapati, C. Asri Budiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics