Effect of Corporate Governance, Firm Characteristic, Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) on Firm Value
Hermala Kusumadewi, Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta
Abstract
Abstract: This study aims to determine the effect of corporate governance, firm characteristics, disclosure of corporate social responsibility (CSR) on firm value. It analyzes the firms which became the participants of the 2014 Sustainability Report Award. Corporate governance is proxied by the proportion of independent commissioners, while firm characteristic is proxied through the age of the firm. Meanwhile, the disclosure of corporate social responsibility (CSR) in the sustainability report is stated in the Corporate Social Responsibility Index (CSRI). The firm value was calculated using the Tobins’Q formula. The hypothesis was tested using linear regression. The test results show corporate governance and firm characteristics have a positive effect on firm value. Meanwhile, corporate social responsibility (CSR) disclosure has a positive but insignificant effect on the dependent variable. If all independent variables are tested simultaneously, all three variables have a positive effect. However, disclosure of corporate social responsibility (CSR) has no significant effect.
Keywords: corporate governance, firm characteristics, corporate social responsibility (CSR), firm value, sustainability report
Pengaruh Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan
Abstrak: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh corporate governance, karakteristik perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Periode penelitian tahun 2014-2018 yang merupakan perusahaan peserta Sustainability Report Award 2014. Corporate governance diproksi dengan proporsi dewan komisaris independen. Kemudian karakteristik perusahaan diproksi melalui umur perusahaan yang dihitung dari tahun berdiri perusahaan dikurangi dengan tahun penelitian. Sedangkan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada laporan sustainability report dinyatakan dalam Corporate Social Responsibility Index (CSRI) yang disyaratkan oleh Global Reporting Initiative (GRI). Variabel dependen nilai perusahaan dihitung menggunakan rumus tobins’Q. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 19 perusahaan. Pengujian hipotesis dengan regresi linear. Hasil pengujian menunjukkan corporate governance dan karakteristik perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif namun tidak signifikan. Jika seluruh variabel independen diuji secara bersamaan, ketiga variabel mempunyai pengaruh positif. Namun pengungkapan corporate social responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh yang siginifikan.
Kata kunci: corporate governance, karakteristik perusahaan, corporate social responsibility (CSR), nilai perusahaan, sustainability report.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arilaha, M. A. (2009). Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 13(3), 386–394. https://doi.org/10.26905/jkdp.v13i3.1087.
da Silveira, A. D. M., & Barros, L. A. B. de C. (2011). Corporate Governance Quality and Firm Value in Brazil. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.923310.
Effendi, M. A. (2009). The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Salemba Empat.
Fauziah, G., Irwanto, A. K., & Syamsun, M. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Indeks Saham LQ45. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(1), 52–60. https://doi.org/10.29244/mikm.11.1.52-60.
Herawaty, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 97–108. https://doi.org/10.9744/jak.10.2.PP.%2097-108.
Ikhwandarti, F., Pratolo, S., & Suryanto, R. (2010). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan Pengungkapan Informasi Sosial Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 11(1), 1–15. https://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1070.
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X.
Latupono, S. S., & Andayani, A. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan: Good Corporate Governance Variable Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset AKuntansi, 4, N0. 8. garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/523974.
Margaretha, F., & Witedjo, C. G. (2017). Csr, Nilai Perusahaan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Industri Pertambangan Dan Manufaktur Di Indonesia. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 14(1), 89. https://doi.org/10.25105/mraai.v14i1.1754.
Masrifa, A. Y. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Dengan Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Intervening Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. 1–20. http://eprints.undip.ac.id/47539/.
Murwaningsari, E., Ekonomi, F., & Trisakti, U. (2009). Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance Dalam Satu Continuum. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 11(1), 30–41. https://doi.org/10.9744/jak.11.1.pp.30-41.
Permanasari, W. I. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. http://eprints.undip.ac.id/22816/1/WIEN_IKA_PERMANASARI.PDF.
Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.16.
Putri, C. D. (2013). Pengaruh Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Dalam Sustainability Report (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1 No. 3. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/691.
Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, 1(1), 84–103. https://doi.org/10.17509/jpak.v2i2.15464.
Rustiarini, N. I. W. (2010). Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan CSR dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII, 11, 1–24. https://www.researchgate.net/publication/344854540_PENGARUH_CORPORATE_GOVERNANCE_PADA_HUBUNGAN_CORPORATE_SOCIAL_RESPONSIBILITY_DAN_NILAI_PERUSAHAAN.
Sembiring, E. R. (2006). Karakteristik Perusahaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. Maksi, 6(January). https://www.researchgate.net/publication/277877352_KARAKTERISTIK_PERUSAHAAN_DAN_PENGUNGKAPAN_TANGGUNG_JAWAB_SOSIAL_STUDY_EMPIRIS_PADA_PERUSAHAAN_YANG_TERCATAT_DI_BURSA_EFEK_JAKARTA.
Setyawan, B. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance. Keberanjutan, 2(No. 1), 498–527. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v2i1.y2017.p498-527.
Solihin, I. (2011). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Salemba Empat.
Surya, I., & Yustiavandana, I. (2006). Penerapan Good Corporate Governance: Mengesampingkan Hak-hak Istimewa Demi Kelangsungan Usaha. Kencana Prenada Media Group.
Untari, L. (2011). Effect On Company Characteristics Corporate Social Responsibility Disclosures In Corporate Annual Report Of Consumption Listed In Indonesia Stock Exchange. Semantic Scholar. https://www.semanticscholar.org/paper/EFFECT-ON-COMPANY-CHARACTERISTICS-CORPORATE-SOCIAL-Untari/906d03f734a62d89eab2b21d1c246b51b03e4440.
Vira, A. N., & Wirakusuma, M. G. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 26, 1299. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i02.p17.
Wahyudi, J. (2010). Pengaruh Pengungkapan Good Corporate Governance, Ukuran Dewan Komisaris Dan Tingkat Cross-Directorship Dewan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Universitas Diponegoro. https://core.ac.uk/download/pdf/11719267.pdf.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Fascho Publishing.
Widianto, H. S. (2011). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Ukuran Perusahaan, Dan Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report (Studi Pada Perusahaan – Perusahaan yang Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi, 1–83. https://core.ac.uk/download/pdf/11726826.pdf.
Wulandari, A. A., Ramantha, I. W., & Wirakusuma, M. G. (2016). Dampak Moderasi Profitabilitas Terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Niai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 1889–1918. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/18260.
DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v17i1.32523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Archive, Citation & Indexing:
More archive, citation, & indexing...
This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License