KELUARGA SEBAGAI PELETAK DASAR PENDIDIKAN MORAL BANGSA DALAM PEMBANGUNAN

Yosephine Nurasih,
Mujinem Mujinem,

Abstract


Dewasa ini banyak djumpai dalam liehidupan xhari-hari baik melalui
pengamatan langsung maupun melalui media massa lenlang kenakalan remaja. Salah
saiu faktor v,a nr dominan dalam ha1 ini adalah hrancnva pendidikan moral yanp - .. . . -
dilenma anak dalam lingkungan kcluarga. Kcluarga mrrupbn kclompok kccil dalam
masyarakal .ya ng. .p enama hli dikenal 01th ~nadka n merupakan lempal pendidikan yang ~ ~ ~ ~
penama.dan utama. Posisi orang tua dalam kelua~ga menduduki lempal yang sangal
penling. karena orang tua mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang sangat baar
ierhadap pendidikan analtnya, terulama dalam menanamkan pendidikan moral yang .,
luhur.
Remaja sebagai generasi penerus bangsa hams mempunyai moralitas yang
luhur, karena mereblah yang akan meneruskan kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Oleh karena itu remaia harus mem.~ un.v aib ebl moral .y anx. kuat agar bisa meniadi
manusia yang berku?lilar Jan bemoral luhur. Dcngan landaun moral yang kual mab
lcrcipla kualilar manusia Indonesia seuruhnya Jan akan mcnjadl darar vang kuat bagi
pembangunan nasional. Berhasilnya pembangunan nasional akan mnvujudkan
masyarakat adil dan makmuryang menjadi cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats